Tanggap Bencana, Banser Kabupaten Sukabumi Bantu Aparat Padamkan Kebakaran Hutan

78

Kabupaten Sukabumi, Ansor Jabar Online

Banser Tanggap Bencana (Bagana) Kabupaten Sukabumi turut ikut serta dalam upaya pemadaman kebakaran hutan yang terjadi di Gunung Salak, tepatnya di jalur pendakian Eyang Santri, Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Senin (02/10/2023).

Informasi tersebut pertama kali dilaporkan oleh warga setempat, yang melihat adanya asap tebal di lereng gunung. Belum diketahui penyebab dari kebakaran tersebut. Namun kuat dugaan api muncul karena cuaca panas yang ekstrim.

Kawasan yang terbakar merupakan jalur pendakian menuju gunung salak melalu penziarahan Eyang Santri. Titik api berada jauh dari pemukiman penduduk dan berada di tapal batas lahan penduduk.

“Alhamdulillah proses pemadaman ini berjalan dengan lancar dan tidak ada korban jiwa, saat ini masih dilakukan pemadaman terhadap sisa bara api yang masih menyala karena di khawatirkan dapat menyebabkan titik api yang baru,” ucap Kasatsus Bagana Kabupaten Sukabumi yang ikut dalam penanganan kebakaran tersebut.

Tim gabungan yang berusaha untuk memadamkan api berasal dari Banser Tanggap Bencana (BAGANA) kabupaten Sukabumi, dinas pemadam kebakaran, BPBD kabupaten Sukabumi, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan masyarakat setempat.

Secara khusus ia menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada karena cuaca panas yang masih ekstrem dan tidak membuat titik api yang dapat memicu kebakaran.

Pewarta: Aditia KNP
Editor: Wandi Ruswannur