Tidak Diusulkannya Sekda Dian Sebagai Pj Bupati: Aang Menilai Sebagai Menihilkan Akal Sehat

51

Menanggapi tidak masuknya nama Sekda Dian Rachmat Yanuar Ke dalam salah satu dari 3 nama yang diusulkan DPRD Kabupaten Kuningan, Senior dan Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kuningan, Dr. KH. Aang Asy’ari, Lc, MSI, menilai sebagai keputusan yang menihilkan akal sehat.
Tanpa bermaksud merendahkan 3 kandidat Pj Bupati yang sudah diusulkan, secara objektif kita bisa mengukur bahwa dari sisi kualitas dan pengalaman Dr. Dian Rachmat Yanuar sangat mumpuni dan unggul.
Dian Yanuar adalah

  1. Eselonering (2-a), tertinggi di Pemkab Kng,
  2. Pangkat/jabatan (4-d), tertinggi,
  3. Kompetensi pribadi, sosial, dan kompetensi profesional, mumpuni
  4. Visioner
  5. Pengalamn organisasi sangat banyak. Sebut saja misalnya pernah menjadi Penguru Ketua KNPI, pengurus PC GP Ansor, kini Ketua KORPRI, Pengurus NU Jabar

Dari sisi peta politik, 2 dari 5 pimpinan DPRD Kabupaten Kuningan adalah kader NU yang mempunyai jabatan strategis di dewan, yaitu Nuzul Rachdy selaku ketua Dewan dan Ujang Kosasih selaku wakil ketua. ‘Selaku kader NU, saya sangat kecewa 2 pimpinan DPRD yang mengaku sebagai kader NU tapi sayang tidak memperjuangkan secara serius salah satu kader terbaik NU dan aset serta senior ASN Kabupaten Kuningan menjadi 1 dari 3 orang yang diusulkan sebagai Pj Bupati’, tegas Aang dalam kritiknya.
‘Saya minta kader-kader muda NU untuk melacak dan melakukan tracking apa yang sebetulnya terjadi. Tujuannya sebagai pembelajaran supaya persoalan ini tidak menimpa kepada kader-kader NU lain. Jangan sampai kader NU kena prank lagi. Sekda Dian diukur dari kualitas, rekam jejak dan peta politik riil dilegislatif sudah sangat terang benderang jalannya dan layak untuk diusulkan menjadi salah satu kandidat Pj Bupati’, lanjut Aang.

Aang Asy’ari selain sebagai Syuriah PCNU Kab. Kuningan adalah instruktur Aswaja nasional Rijalul Ansor PP GP Ansor, Ketua Komisi Fatwa MUI Kab. Kuningan dan anggota MUI Pusat serta Asesor Halal dalam dan luar negeri.