Sambut Hari Santri 2023,KBNU Cimahi Langitkan Satu Miliyar Sholawat Nariyah

68

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Cimahi menggelar menyambut Hari Santri Nasional 2023 dengan membacakan 1 miliar Sholawat Nariyah. Pembacaan sholawat bertujuan untuk meminta keberkahan Kota Cimahi dan Indonesia pada umumnya.

Pembacaan Sholawat dilaksanakan pada Senin (21/10) malam usai ibadah solat Isya, atau sekitar pukul 19.30 WIB. Ketua Tanfidziyyah PCNU Kota Cimahi Drs. KH. Enjang Nasrullah, menjelaskan 1 miliar itu mengartikan jumlah secara keseluruhan Sholawat Nariyah yang dibacakan serentak seluruh Nusantara.

“Dalam Hari Santri ini PCNU Kota Cimahi melaksanakan kegiatan pembacaan 1 miliar Sholawat Nariyah yang dibacakan oleh seluruh warga NU di seluruh Kota Cimahi dan Indonesia, yang melibatkan seluruh unsur Banom dan Lembaga dan jutaan warga Nahdliyyin” ujar Drs. KH. Enjang Nasrullah saat ditemui di Kantor PCNU Kota Cimahi, Jl. Raya Cilember, Kota Cimahi, Sabtu (21/10/2023).

Ketua Tanfidziyyah PCNU Kota Cimahi mengatakan pembacaan 1 miliar Sholawat Nariyah ini sudah menjadi tradisi tiap hari santri nasional. Dengan alasan utamanya adalah meminta keberkahan dan kedamaian untuk bangsa dan negara. Terlebih dalam situasi hari ini di Indonesia serta belaha dunia lainnya.

“Tujuan dari ada kegiatan ini adalah tentu pertama mengharapkan ridha serta memohon kepada Allah agar Rakyat dan Bangsa Indonesia selamat dari berbagai bencana, dan mengharap rajmat yang penuh keberkahan dari Allah,” paparnya.

Di samping itu, diketahui pula Pembacaan 1 Miliar Shalawat Nariyah di Kota Cimahi bukan hanya diikuti oleh Pengurus Banom dan Lembaga namun juga seluruh unsur santri umat Nahdliyyin dan Masyarakat Kota Cimahi.

“Kita ini memiliki tradisi mendoakan orang yang sudah wafat. Sehingga, hubungan antara yang masih hidup dan yang wafat terus bersinergis dengan amalan ala NU layaknya tradisi kirim doa, tahlil dan amalan lainnya,” ujar salah satu Peserta Pembacaan 1 Miliar Shalawat Nariyah.

Selanjutnya selain membaca 1 Miliar Shalawat Nariyah, ajang menyambut Hari Santri Nasional 2023 ini menunjukan posisi Santri sebagai Pengawal Negeri dan Pemimpin Masa Depan, nampak diketahui pula antuasias Santri di Kota Cimahi begitu luar biasa dalam mengikuti rangkain HSN 2023.

Dalam laporan kami juga tercatat, untuk Kita Cimahi kompak melaksanakan Pembacaan 1 Miliar Shalawat Nariyah ini dengan khidmat, dari mulai tingkatan Kota hingga 15 Kelurahan dan berbagai Majelis di Kota Cimahi.