GP Ansor Kabupaten Bogor Perkuat Wawasan Kenegaraan Pemuda dengan Madrasah Demokrasi

21


Bogor, Pwansorjabar.org
Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Bogor memperkuat wawasan kenegaraan para pemuda melalui sebuah kegiatan bernama Madrasah Demokrasi yang berlangsung dari 12 Agustus sampai dengan 18 September 2022.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Bogor mengatakan, Madrasah Demokrasi tersebut dikemas seperti kursus yang dilaksanakan tiap hari Ahad dengan peserta terbatas. Setiap Pimpinan Anak Cabang (GP Ansor tingkat kecamatan) hanya boleh mengirimkan pesertanya 2 orang.

Mengingat Kabupaten Bogor yang luas, kata dia, Madrasah Demokrasi, dilaksanakan secara bergiliran yang dibagi ke dalam 5 zona, yaitu timur, barat, utara, selatan, dan tengah. Setiap zona rata-rata terdiri dari 5 sampai 7 PAC atau kecamatan.

“Masing-masing zona mendapat giliran satu kali penyelenggaraan Madrasah Demokrasi ini,” katanya saat dihubungi dari Bandung, Selasa (8/9/2022).

Menurut dia, kegiatan sebagai upaya GP Ansor Kabupaten Bogor dalam mengawal proses demokrasi di Indonesia, terutama demokrasi Pancasila, yaitu demokrasi yang mendasarkan pada permusyawaratan dan permufakatan.

“GP Ansor berperan dalam proses demokrtaisasi di Kabupatem Bogor dan tentunya harus kita kawal, pengawalan harus berdasar ilmu pengetahuan yang cukup, baik teoretis atau praksis agar proses politik kebangsaan kita berjalan dengan baik,” jelasnya.

Kegiatan tersebut, kata dia, menghadirkan narasumber dari Komisioner KPU, Komisioner Bawaslu, anggota DPRD, pengadilan, Polres serta PCNU dan pengurus PC GP Ansor Kabupaten Bogor.

Selain Madrasah Demokrasi, kata dia, GP Ansor Kabupaten Bogor saat ini tengah melakasnakan restrukturisasi PAC (Konferancab) yang berlangsung 24 agustisus – 30 september serta PKD yang akan berlangsung di Kecamaten Cariu pada 23-25 September.

Abdullah Alawi