SuperApp NU Online Tembus 40 Juta Views, GP Ansor Jabar Ajak Pemuda NU Berjamaah di Dunia Maya

137


Bandung, Pwansorjabar.org
Pada 1.5 tahun yang lalu, NU Online meluncurkan SuperApp NU Online untuk lebih memperkuat dan memperluas layananannya di dunia maya. Per bulan ini super app tersebut tembus 40 juta views 652 ribu+unique users.

Ketua GP Ansor Jawa Barat Deni Ahmad Haedari mengatakan, upaya dan capaian NU Online dengan segala konsistensi dan terobosannya adalah sesuatu yang harus didukung oleh seluruh warga NU, terutama kalangan muda, secara konsisten pula.

Dukungan konsisten, kata dia, adalah dengan menjadi bagian siklus dari industri media saat ini. Bisa menjadi donatur, pelanggan setia, memberi masukan atau kritik yang membangun, paling minimal adalah turut membantu menyebarluaskan konten-kontennya.

“Selamat kepada NU Online, web resmi NU kebanggaan Nahdliyin, atas segala daya upaya dan terobosannya menjadi sumber berita dan layanan keagamaan,” katanya ketika dihubungi dari Bandung.

Menurut dia, apa yang dilakukan NU Online harus menjadi contoh dan dikembangkan di daerah-daerah agar semua tersadarkan, lalu tergerak untuk berjamaah di dunia maya. Pasalnya kalau bergerak secara munfarid, tak akan berdampak apa-apa.

Berjamaah di dunia nyata sudah terbiasa. Itu jangan ditinggalkan, tapi di dunia maya juga harus dikuatkan karena anak-anak muda kita nongkrongnya di dunia maya. Siapa yang menemani mereka? Kalau yang menemaninya sebangsa bungaok atau careuh, mereka akan seperti bungaok dan careuh,” ungkapnya.

Jika para bungaok dan careuh menguasai dunia maya, kata pemuda asal Purwakarta ini, maka hal-hal yang dianggap kebenaran adalah segala sesuatu yang bersumber dan seusuai selera mereka.

Untuk diketahui, berdasarkan unggahan di Facebook NU Online yang bercentang biru, NU Online Super App adalah suatu aplikasi tentang tata cara ibadah dan belajar Islam terlengkap yang menekankan kemudahan, kualitas, dan kredibilitas.

Aplikasi super itu melayani konten berikut ini:
📗 𝐀𝐥 𝐐𝐮𝐫𝐚𝐧
Memfasilitasi para pecinta Al-Quran untuk bisa membaca dalam format per halaman atau per ayat, dilengkapi dengan terjemah, transliterasi Latin, dan tafsir.
🤲 𝐃𝐨𝐚 & 𝐖𝐢𝐫𝐢𝐝
Menyediakan ratusan doa keseharian, kesehatan, perjalanan, kesehatan, dan lain-lain; juga shalawat, ratib, hizib, istighotsah, dan wirid-wirid lainnya dari sumber-sumber otoritatif.
🕒 𝐉𝐚𝐝𝐰𝐚𝐥 𝐒𝐡𝐚𝐥𝐚𝐭
Mengingatkan waktu shalat umat Islam di seluruh dunia, termasuk waktu imsak, dhuha, dan terbit. Terdapat ragam pilihan notifikasi: suara bedug, bunyi kentongan, atau alunan adzan Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf.
📆 𝐊𝐚𝐥𝐞𝐧𝐝𝐞𝐫 𝐇𝐢𝐣𝐫𝐢𝐚𝐡
Tak hanya penanggalan Masehi dan Hijriah, kalender ini juga dilengkapi penanda hari pasaran Jawa (Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon), hari-hari besar Islam, libur nasional, dan momen penting NU.
🕋 𝐊𝐢𝐛𝐥𝐚𝐭
Kompas penunjuk arah kiblat dilengkapi dengan informasi derajat sudut, juga pilihan mencari arah kiblat lewat kamera (qibla finder).
🕌 𝐓𝐮𝐭𝐨𝐫𝐢𝐚𝐥 𝐈𝐛𝐚𝐝𝐚𝐡
Menyediakan tuntunan ibadah lengkap, mulai dari bersuci, shalat, puasa, hingga seputar ziarah. Di samping berupa artikel, tutorial juga disediakan dalam bentuk video.
👳♀️ 𝐊𝐡𝐮𝐭𝐛𝐚𝐡
Berisi kumpulan materi khutbah Jumat yang selalu bertambah dengan konten terbaru. Tersedia pula materi khutbah Idul Fitri dan Idul Adha. Semua disusun lengkap agar tak menyalahi rukun-rukun khutbah.
📒 𝐘𝐚𝐬𝐢𝐧 & 𝐓𝐚𝐡𝐥𝐢𝐥
Memuat bacaan Yasin dan Tahlil yang biasa dibaca umat Islam di Indonesia, mulai dari hadiah fatihah, susunan teks, hingga doa penutup.
🔢 𝐓𝐚𝐬𝐛𝐢𝐡 𝐃𝐢𝐠𝐢𝐭𝐚𝐥
Merupakan mesin penghitung digital sebagai pengganti bulir-bulir tasbih untuk kegiatan wirid atau sejenisnya. Fasilitas ini dilengkapi dengan opsi mode getar dan suara, serta tombol pengaturan jumlah dan reset.
📚 𝐍𝐔𝐩𝐞𝐝𝐢𝐚
Merupakan ensiklopedia digital NU yang memuat ratusan entri informasi seputar biografi tokoh, sejarah, kelembagaan, komunitas, tradisi, dan khazanah pesantrenan.
📒 𝐌𝐚𝐮𝐥𝐢𝐝
Memuat sedikitnya enam kitab maulid beserta terjemahnya: Maulid ad-Diba’i, Maulid al-Barzanji, Maulid al-Azab, Simthud Durar, Qasidah Burdah, dan adl-Dliyaul Lami’.
⏯️ 𝐊𝐚𝐥𝐤𝐮𝐥𝐚𝐭𝐨𝐫 𝐙𝐚𝐤𝐚𝐭
Memudahkan pengguna dalam menghitung komponen-komponen kekayaan untuk guna menuaikan kewajiban zakat, mulai dari sektor perdagangan, pertanian, perhiasan emas-perak, peternakan, tambak, perusahaan, hingga profesi.
🎥 𝐕𝐢𝐝𝐞𝐨
Kanal yang terintegrasi dengan saluran YouTube NU Online yang menayangkan beragam konten: tutorial ibadah, wawancara eksklusif, shalawat, film pendek, kajian kitab kuning, dan lain-lain.
☪️ 𝐙𝐢𝐚𝐫𝐚𝐡
Memfasilitasi umat Islam dalam menemukan lokasi makam-makam yang penting diziarahi. Fitur ini juga dilengkapi info alamat, Google Map, dan biografi tokoh.
📜 𝐊𝐚𝐥𝐚𝐦
Menampilkan ragam konten grafis yang terbagi sedikitnya dalam tiga kategori: Infografik, Mutiara Kata, dan Doa & Dzikir
📰 𝐀𝐫𝐭𝐢𝐤𝐞𝐥
Fitur ini terkoneksi dengan situs web NU Online yang memuat lebih dari 100 ribu artikel. Temukan aneka macam informasi keislaman dari sumber-sumber mu’tabar untuk berbagai topik permasalahan!
𝐃𝐨𝐰𝐧𝐥𝐨𝐚𝐝 𝐬𝐞𝐤𝐚𝐫𝐚𝐧𝐠!
NU Online Super App, _Aplikasi Keislaman Terlengkap_nu.or.id/superapp (Android & iOS)

Abdullah alawi