SMK Nahdlatul’ Ulama Krangkeng Adakan Uji Kompetensi Keahlian

36

SMK Nahdlatul ‘Ulama Krangkeng bekerja sama dengan PT. Fuji Auto Service Cirebon dan PT. Talenta Buana Perkasa Cirebon, adakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bertempat di Laboratorium SMK Nahdlatul ‘Ulama Krangkeng Indramayu, Minggu 20/03/2022

Dalam Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa kelas XII SMK Nahdlatul ‘Ulama Krangkeng dari prodi TKJ dan TKRO

Amin Hidayat Kepala SMK Nahdlatul ‘Ulama Krangkeng dalam keterangannya menyampaikan, Kegiatan ini merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI (Kerangka Kualifkasi Nasional Indonesia)

“Proses penilaian baik teknis maupun non teknis melalui pengumpulan bukti yang relevan untuk menentukan apakah seseorang kompeten atau belum kompeten pada suatu unit kompetensi atau kualifikasi tertentu,” Katanya.

Lebih lanjut, Pelaksanaan uji kompetensi di sekolah maksudkan sebagai sarana untuk mendapatkan bukti-bukti yang valid, serta otentik sebagai dasar apakah peserta uji sudah kompeten atau belum kompeten terhadap unit kompetensi yang diujikan.

“Manfaat dari ujikom antara lain siswa lebih dekat dengan praktik akuntansi di dunia usaha atau dunia industri, karena soal disusun oleh para praktisi yang kompeten di bidangnya,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Latifatul Masruroh Ketua Yayasan Thoybatul Ma’arif mengatakan, Seluruh kegiatan ujikom yang dilaksanakan di SMK Nahdlatul ‘Ulama Krangkeng tetap mengutamakan protokol kesehatan COVID-19.

“Diharapkan seluruh siswa yang mengikuti US dan UKK pada tahun ini mendapatkan hasil yang terbaik, ilmu yang bermanfa’at selama mengikuti pembelajaran di sekolah serta dapat bersaing di dunia kerja dengan skill yang dimiliki,” Pungkasnya.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh kepala sekolah, pengarahan oleh penguji dari PT. Fuji Auto Sirvice dan PT. Talenta Buana Perkasa dilanjutkan dengan pelaksanaan uji kompetensi keahlian.