Sambut Harlah, PW Ansor Jabar Gelar Donor Darah Serentak

114

Sambut Harlah, PW Ansor Jabar Gelar Donor Darah Serentak

BANDUNG – Menyambut Hari Lahir Gerakan Pemuda Ansor ke 86, Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Barat menggelar donor darah secara serentak yang diikuti oleh 27 kabupaten/kota Pimpinan Cabang diwilayah koordinasinya.

Komandan Satuan Koordinasi Wilayah (Kasatkorwil) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jawa Barat, Yudi Nurcahyadi mengatakan, donor darah dilakukan karena pihaknya merasa prihatin jika saat ini Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Barat sangat membutuhkan stok darah.

“Untuk itu kami PW GP Ansor dan Satkorwil Banser Jabar menghimbau kepada anggota Ansor Banser untuk rela mendonorkan darahnya demi kemanusiaan,” ujar Yudi, Selasa (21/4/2020).

Selain itu, lanjut Yudi, giat donor darah dilakukan karena berdasarkan informasi yang didapatnya bahwa salah satu alasan stok darah di PMI berkurang karena mulai mewabahnya pandemi Covid 19/ virus corona.

“Tentu ini menjadi keprihatinan kita bersama bahwa dampak pandemi covid 19 bisa mengurangi stok darah. Kami tergerak untuk melakukan donor darah. Karena kaminsadar jika materi kami belum mampu berbagi. Maka berbagi setetes darah akan sangat berarti,” ujarnya.

Dikatakan Yudi, saat ini pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh Pimpinan Cabang yang berada diwilayah koordinasinya agar serentak menggelar donor darah pada Rabu (22/4/2020) esok hari.

“Kita serentak pada 22 dan 23 April melaksanakan giat donor darah. Namun tetap disesuaikan dengan kesiapan PC Ansor dan PMI di masing-masing kabupaten/kota,” jelasnya.

Selain kepada Anggota Ansor/Banser, pihaknya juga mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk sama-sama mendonorkan darahnya demi kemanusiaan.

“Saya cek di daerah, ternyata respon masyarakat bagus sehingga kita sangat terbuka untuk umum ikut berpartisipasi. Mudah-mudahan semua masyarakat di Jawa Barat bisa tergerak hatinya untuk berdonor agar stok di PMI terpenuhi,” kata Yudi.

Terpisah, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Subang, Asep Alamsyah Heridinata menyambut baik atas rencana donor darah serentak untuk menyambut harlah GP Ansor ke 86 tersebut.

“Kami sudah menyiapkan puluhan peserta untuk di donorkan darahnya. Kami sudah koordinasi dengan PMI Subang insya Allah besok (Rabu, 22/4/2020) kami bergerak ke PMI Subang,” kata Asep.

Sementara, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Bogor, Dhamiri al Ghozali menegaskan, karena berbagai pertimbangan pihaknya akan melaksanakan donor darah pada Kamis, 23 April 2020 mendatang.

“Donor darah akan diarahkan ke Kantor PMI Kabupaten Bogor dengan tetap menjalankan Protokol Kesehatan yang di himbau oleh pemerintah dan Pimpinan Pusat GP Ansor. Ini sebagai wujud syukur atas hari lahir dan ikut mendonorkan setetes darah yang kita miliki. Bersedekah bisa dengan cara apapun, semoga bermanfaat,” pungkasnya. (Ade Mahmudin)