PERKUAT AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH, PK PMII UNINUS GELAR WEBINAR

Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PK PMII) Universitas Islam Nusantara (UNINUS), kota Bandung, gelar kegiatan webinar “Sinau bersama Kyai” dengan tema “Ahlussunnah wal Jamaah dan Indonesia Masa Kini”. Acara tersebut diselenggarakan melalui virtual Zoom, dan di hadiri oleh ratusan orang yang terdiri dari anggota, kader, pengurus Rayon dan Komisariat, alumni, serta keluarga besar PMII UNINUS baik yang berada di Bandung ataupun diluar Kota Bandung, Jumat(23/4).

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah NahdlatuL Ulama (PWNU), Jawa Barat, KH. Hasan Nuri Hidayatullah.

Dalam tausiyahnya, Kiai yang akrab di sapa Gus Hasan tersebut mengatakan, penafsiran atas syariat itu harus mampu dinamis, sesuai dengan perubahan zaman, seperti adanya ijma dan qiyas di tubuh Nahdlatul Ulama.

“Pada zaman ini untuk memberikan pedoman kepada masyarakat para alim ulama NU senantiasa melakukan perkumpulan para alim ulama, melakukan batsul masail untuk memberikan jawaban atas persoalan yang ada,” ujar kiai yang akrab disapa Gus Hasan, yang dilansir dari www.jabarnu.or.id

ia mencontohkan tentang realitas penerapan syariat, salah satunya seperti banyak yang jumátan di kantor-kantor dan di pabrik-pabrik karena dibangun mushola di sekitar lingkungan tersebut.

“Hal semacam itu mungkin yang sifatnya aqli ada, karena sudah tidak turun lagi wahyu, sudah tidak ada lagi sabda-sabda Rasulullah SAW, sehingga diperlukan pembaharuan-pembaharuan, nah pembaharuan itu yang namanya aqli dan naqli itu isinya ya itu,” jelas Gus Hasan.

Dalam kesempatan yang sama, Gus Hasan menuturkan, proses penyampaian dakwah hari ini tidak hanya dengan lisan saja, namun juga bisa menggunakan jari.

Beliau juga mengungkapkan, dakwah dengan menggunakan teknologi perlu dilakukan. Sebab, teknologi saat ini menjadi kebutuhan masyarakat.

“Tugas kita sekarang adalah dakwah dengan se kreatif mungkin, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, pesan dakwah bisa tersebar dengan cepat,” ungkap Gus Hasan yang juga merupakan pimpinan Ponpes As-Shiddiqiyah Cilamaya, Karawang.

Selain itu, Gus Hasan berharap kaum muda saat ini dapat menggunakan teknologi dengan bijaksana, sehingga penggunaan kreatifitas itu bisa memberikan manfaat untuk masyarakat.

Pewarta: Muhammad Rizqy Fauzi

comments