Peduli Kebakaran Gunung Karembi, PAC GP Ansor Pamulihan Tanggap Bencana Turun Tangan

52

Peduli Kebakaran Gunung Karembi, PAC GP Ansor Pamulihan Tanggap Bencana Turun Tangan

Pamulihan, Sumedang –
Kebakaran Gunung Karembi, Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat, langsung menuai kepedulian Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pamulihan. Mereka mengirim sejumlah anggota Ansor, dan Banser Tanggap Bencana (Bagana), ke lokasi kejadian.

Sejumlah relawan dari aparat, masyarakat, dan para kader muda Nahdlatul Ulama (NU), membantu memadamkan kobaran si jago merah. Dan begitu padam, GP Ansor serta Bagana turun tangan membersihkan puing-puing pohon sisa kebakaran.

“Ini adalah bentuk kepedulian kita pada kekayaan alam, serta wujud pengabdian ke masyarakat,” ucap Ketua Koordinasi kebakaran Bagana Pamulihan, Ruhiat, Jum’at (25/10).

Selain itu, Ruhiat menjelaskan bahwa Gunung Karembi sudah beberapa kali terjadi kebakaran. Namun kali ini sudah seminggu si jago merah belum pula, sehingga mengakibatkan kerugian hutan sebanyak 20 Hektar yang terbakar, Tambhanya.

Berbekal pengalaman serta sejumlah pelatihan yang pernah diikuti, kawanan GP Ansor dan Banser tersebut cukup piawai dalam melakukan tugas. Dengan begitu, tugas aparat pun jadi lebih ringan.

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Pamulihan, Uus Kusmayadi menambahkan, setiap ada kejadian atau musibah, pihaknya selalu menurunkan anggota. Karena hal tersebut memang sudah menjadi tanggung jawab kader Ansor.

“Setiap ada kejadian yang berdampak sosial GP Ansor serta Banser senantiasa ikut serta membantu, dan itu sudah keharusan bagi Pemuda Ansor”, katanya.

Selain kegiatan sosial, GP Ansor Pamulihan juga terus getol mensyiarkan Agama Allah paham Ahlussunnah Waljama’ah melalui Rijalul Ansornya, serta selalu terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI. (Abdurahman)