Diklatsar ke-3 Sukses Digelar GP Ansor Cihampelas, Kader Diminta Terus Berkhidmah Jaga Ulama dan NKRI

75

Bandung Barat, Ansor Jabar Online

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Bandung Barat (KBB) sukses menggelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) yang diselenggarakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ansor Kecamatan Cihampelas, Jumat-Ahad (25-27/08/2023).

Kegiatan yang berlokasikan di Ponpes Manbaulfallah tersebut merupakan pendidikan angkatan ke-3 yang dilaksanakan di Cihampelas. Dipimpin Edwan Feb Ramadhin sebagai ketua pelaksana, serta perpaduan antara Sekolat dari PAC dan Cabang sebagai pelatih. Muspika, Kepala Desa setempat, MUI, KNPI dan Anggota Banser kehormatan juga turut menghadiri kegiatan tersebut.

Peserta adalah perwakilan dari 70% Ranting se-Kecamatan Cihampelas dan sisanya dari Kecamatan-Kecamatan sekitar. Berjumlah 61 orang yang ter register peserta terdiri dari laki laki dan 12 orang perempuan.
Peserta yang mampu bertahan berjumlah 49 orang.

Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser KBB ​​​​​​​Lalan Mustang Algifari mengingatkan bahwa tugas pokok Banser adalah khidmah kepada para ulama dan menjadi penyeimbang bangsa.

“Diklatsar ini bukan hanya sekedar untuk menambah kader. Tapi goal seatnya adalah bagaimana kita menjadi kader yang betul-betul bisa menjaga marwah organisasi dan juga bagaimana caranya kita takdim kepada para ulama karna tugas pokok kita hidmah kepada ulama dan menjadi penyeimbang negara,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Bandung Barat Zaki Mubarok dalam acara penutupan Diklatsar Banser mengatakan bahwa Ansor Banser saat ini akan menjadi masa depan daripada kader Nahdlatul Ulama (NU). 

“Ansor Banser hari ini adalah NU masa depan, oleh karena itu kalau tidak punya cita-cita yang setinggi langit maka NU akan punah,” ujar Pria asal Cipatat itu. 

Zaki menambahkan agar semua kader Banser dapat mengisi semua lini di dalam kehidupan berbangsa ini. 

“Ansor Banser harus mengisi ruang ruang strategis agar NKRI milik kita bukan hanya ucapan belaka, kita dibaiat sebagai Banser, untuk menjadi khodimul NKRI dan khodimul ulama,” pungkasnya. 

Pewarta: Isal
Editor: Wandi Ruswannur