BSA IAIN Syekh Nurjati Cirebon Gagas Program International Lecturer Mobility (ILM) di Malaysia

76

Malaysia (20-23/05). Prof. Dr. H. Aan Jaelani, M.Ag, Rektor IAIN Syekh Nurjati memberikan apresiasi program Arabic Language and Literature Departmen-International Lecture Mobility (AL-ILM) tahun 2023 di Malaysia. Program yang digagas oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) IAIN Syekh Nurjati ini merupakan salah satu dari desain program unggulan jurusan, yaitu International Mobility Program (IMP). Rektor menekankan pentingnya rekognisi internasional melalui penguatan tridarma perguruan tinggi yang adaptif dan responsif terhadap dinamika globalisasi. Selain pentingnya membangun jejaring internasional sebagai daya dukung visi IAIN Syekh Nurjati menjadi World Class University (WCU). Hal ini sejalan dengan visi Direktorat PTKI, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dan Kementerian Agama dalam mewujudkan institusi pendidikan Islam yang bereputasi dunia.
Lebih lanjut Rektor menambahkan bahawa dosen BSA melakukan lawatan di Universiti Islam Antarbangsa Sultan Abdul Halim Mu’adzam Shah (UniSHAMS) di Kedah, dan Al-Madinah International University (MEDIU) Kuala Lumpur, Malaysia. Kedua perguruan tinggi tersebut juga telah melakukan perjanjian kerjasama dengan IAIN Syekh Nurjati. Dosen BSA yang mengikuti program ini antara lain; Erfan Gazali, Rijal Mahdi, Mohammad Andi Hakim dan Ihsan Sadudin. “Dosen-dosen kami diundang oleh kedua kampus tersebut menjadi pemateri pada kegiatan Kuliah Umum dan FGD tentang kajian manuskrip dan pesantren, serta mengajar pada beberapa kelas Mata Kuliah untuk mahasiswa disana” Ungkap Aan.
Al-Madinah International University (MEDIU) Malaysia dan Jurusan BSA IAIN Syekh Nurjati Cirebon kemudian menyepakati tindak lanjut kerjasama dalam penguatan program kampus siber Islam dan kajian bahasa Arab Pesantren. Hal ini dibahas dalam kunjungan resmi perwakilan IAIN Syekh Nurjati Cirebon di Kampus MEDIU (24/05). Hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain: Rektor MEDIU, Dr. Abdullah Bin Saad Al-Arefi, Prof. Dr. Tayyeb Al-Mabruki, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Abdul Shomad Dukuri, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Asma Binti Abdurrahman, Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengembangan, dan Prof. Dr. Elsayed Salem, Direktur Hubungan Kerjasama.
Rektor MEDIU menyambut baik tindak lanjut kerjasama yang dirumuskan, setelah keduanya melakukan perjanjian kerjasama pada 14 April 2023 lalu. Menurutnya, Kunjungan BSA menunjukkan keseriusan IAIN Syekh Nurjati dalam menjallin kerjasama dengan MEDIU, khususnya dalam pengembangan keilmuan jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Lebih lanjut menurutnya, MEDIU merupakan perguruan tinggi Islam pertama di Malaysia yang menerapkan model pendidikan siber, dengan pengelolaan teknologi informasi yang terpadu dan futuristik.
Hal ini yang kemudian direspon dengan baik oleh delegasi BSA IAIN Syekh Nurjati, sebagai bagian dari civitas akademika PTKIN persiapan kampus Islam Siber pertama di Indonesia. Aplikasi Learning Management System (LMS) bernama CMS yang dimiliki oleh MEDIU menjadi salah satu referensi model yang baik, karena telah meniadakan proses pengelolaan lembaga secara manual. IAIN Syekh Nurjati juga telah mengembangkan model LMS terpadu yang baik, dan momentum ini sekaligus sebagai benchmarking dalam meningkatkan performa dan inovasi digital yang perlu dilakukan.
Prof. Dr. Asma Binti Abdurrahman mengungkapkan ketertarikanya terhadap kajian manuskrip dan pesantren. Peran penting keduanya tidak hanya dalam pengembangan ilmu bahasa, studi Islam, pendidikan karakter, sejarah dan yang lainya menjadi penting untuk dipertahankan dan kembangkan. “Potensi kerjasama MEDIU terkait pesantren akan dilakukan dengan program konkret, mengingat pesantren memiliki resources yang luar biasa” Harapnya.
Sementara pada kesempatan sebelumnya, BSA IAIN Syekh Nurjati juga menyepakati program penguatan International Mobility. Dr. Mohd Syauqi bin Arshad, Dekan Fakultas Bahasa Arab UniSHAMS menuturkan bahwa program International Mobility menjadi penting dalam mewujudkan visi pengembangan tridarma pendidikan tinggi bereputasi dunia. Selain pula sebagai media untuk membangun jejaring internasional yang konsisten dilakukan oleh UniSHAMS. “Melalui kegiatan ini dan bekerjasama dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, kami menyepakati beberapa usulan program bersama untuk kemaslahatan lembaga dan bangsa,” ungkap Mohd Syauqi.
Beberapa program kerjasama yang berhasil disepakati oleh BSA IAIN Syekh Nurjati dengan Fakultas Bahasa Arab UniSHAMS antara lain; Visiting Profesor, Visiting Lecture, Student and Lecture Exchange, Publikasi jurnal dan buku mahasiswa dan dosen, PPL dan KKN Luar Negeri, Konferensi Internasional, dan rancangan desain double degree, serta program penguatan tridarma lainya
Erfan Gazali, M.Si, sekretaris Jurusan BSA dan kordinator IMP menguraikan pentingnya kerjasama tersebut dalam pengembangan profesionalitas, pengembangan kepribadian multikultural, pengembangan diri dan kecakapan bahasa asing. Lebih lanjut Menurutnya, program IMP tidak hanya meliputi International Lecturer Mobility (ILM), melainkan International Students Mobility (ISM), dan International Academic Staff Mobility (ICSM).
Hal senada juga diuraikan oleh Dr. Anwar Sanusi, M.Ag, Dekan Fakultas Ushuludin dan Adab (FUA) kaitanya dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3, 4, 5, 6 dan 7 tahun 2020. Menurutnya, kebijakan tersebut merupakan upaya pendidikan tinggi untuk memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap perubahan zaman, lebih berdampak langsung bagi masyarakat, serta mampu mencapai standar pendidikan tinggi internasional. “Melalui Jurusan BSA sebagai piloting, FUA berupaya mendukung pengembangan visi IAIN Syekh Nurjati sebagai PTKIN bereputasi Internasional” Pungkas Anwar.