PAC Ansor Bantargebang, Jadikan Ziarah Kubur Untuk Menjemput Estafet Perjuangan Para Pendahulu

83

Kota Bekasi, Ansor Jabar Online

Salah satu manfaat ziarah kubur, mengingatkan kita kepada kematian, sehingga menimbulkan semangat dalam beribadah. Ziarah kubur pun bertujuan untuk tabarrukan (mengharapkan keberkahan), ikroman (memuliakan), ta’dhiman (mengagungkan), dan khidmatan.

Beda halnya dengan, Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi, mereka mengistikomahkan ziarah kubur setiap bulannya, sebagai sarana untuk konsolidasi dan menjemput estafet perjuangan para pendahulu.

Sahabat Egi, Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bantargebang, menyampaikan pandangannya mengenai ziarah kubur. Menurutnya, selain sebagai perantara (wasilah) mendekatkan diri kepada Allah s5wt, ziarah kubur juga berfungsi sebagai sarana refleksi dan introspeksi diri, bahwa, siapapun akan menemui ajalnya, kapanpun itu.

“Giat ziarah rutin ini merupakan wujud rasa syukur dan penghormatan kita kepada para pendahulu. Hari ini kita bisa beribadah dengan tenang, kita mengetahui ajaran-ajaran agama islam karena berkat para pendahulu melalui semangat perjuangan melawan penjajah hingga Indonesia hari ini merdeka, ataupun dengan mesyiarkan ajaran-ajaran Islam secara bersanad.” Ungkap Sahabat Egi Selaku ketua PAC GP Ansor Bantargebang.

Berdasarkan keterangan dari Ajengan Taslim, Ketua MDS Rijalul Ansor. Makam yang mereka ziarahi adalah makam para tokoh Ajengan kampung juga makam orang tua kader Ansor yang berada di masing masing kelurahan yang ada di Kecamatan Bantargebang.

“Kami yakin disetiap wilayah atau kelurahan memiliki para tokoh dan pejuang yang selama hidupnya memiliki kemanfaatan untuk lingkungan. Kami selaku pemuda hari ini menjadikan ziarah rutin ini sebagai sarana untuk konsolidasi dan menjemput tongkat estafet perjuangan para pendahulu kita yang selanjutnya perjuangan-perjuangan beliau kita lanjutkan sampai anak, cucu, dan keturunan kita nanti. Doakan saja semoga kami semua istiqomah dan mampu melanjutkan perjuangan itu.” Ungkapnya

Giat ziarah rutin ini pun menjadi titik awal ziarah MDS Rijalul Ansor sebelum ziarah ke yang lebih jauh lagi dan ke makam wali yang lebih masyhur.

“Sebelum kita ziarah ke makam para wali dan ulama yang lebih masyhur kita ziarahi dulu makam orangtua kita dan makam keramat atau makam tokoh yang ada dilingkungan kita, kedepannya mungkin kita bisa ziarah ke yang lebih jauh lagi, ataupun jika dikabulkan Kader Ansor Bantargebang bisa ziarah semua ke makam Rosulullah. Aamiin.” Ujarnya.

Pewarta : Muhammad Taufik
Editor : Ilham Abdul Jabar