Pelatihan Instruktur Wilayah jadi cara PMII Perkuat Kaderisasi di Jawa Barat

148

Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jawa Barat menggelar pembukaan Pelatihan Instruktur Wilayah (PIW) yang bertempat di Pendopo Kabupaten Sumedang pada Rabu (22/02/2023). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H Ayi Subhan Hafas, Ketua PKC PMII Jawa Barat Apriliana Eka Dani, Ketua Mabincab PMII Sumedang Kang Amin Muhyidin, dan puluhan delegasi peserta yang berasal dari pengurus cabang dilingkungan Jawa Barat.

“Dalam Pelatihan Instruktur wilayah ini kita sedang berupaya untuk menjadikan kaderisasi PMII di Jawa Barat terpimpin atas nilai dan ajaran yang PMII pegang selama ini, yakni Ahlussunnah Wal Jamaah dan Pancasila sebagai ideologi bangsa,” jelas Ketua Pelaksana PIW Ilham Muadz Barokah.

Sementara itu, Ketua PMII Jawa Barat Apriliana Eka Dani mengungkapkan, kaderisasi sampai kapanpun akan menjadi urat nadi dan tidak boleh berhenti. Ia menilai bahwa kaderisasi berbicarakan regenerasi.

“Adanya Pelatihan Instruktur Wilayah ini adalah bagaimana kemudian sahabat-sahabat menjadi pendidik, memberikan pembelajaran bagi kader di tingkatan cabang, komisariat, maupun rayon, dalam mengawal setiap tingkatan sekolah formal PMII salah satunya dalam pelatihan kader dasar,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa April juga menambahkan, kegiatan ini harus dijadikan sebagai ruang untuk belajar bersama.

“Peserta dan pendidik menjadi subjek yang belajar, subjek yang bertindak dan ber­fikir dan pada saat yang ber­samaan berbicara me­nya­takan hasil tindakan dan buah pikirannya untuk meningkatkan kompetensi kader, guna memperkuat kesetabilan kaderisasi di Jawa Barat,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir. Ia mengatakan bahwa kaderisasi merupakan urat nadi agar PMII bisa terus ada dan terus bergerak.

“Kaderisasi adalah yang paling utama sebagai urat nadinya dan instruktur adalah yang terlibat didalamnya, yang memberikan kontribusi untuk pengkaderan dan instruktur harus ditingkatkan kemampuannya, harus ditingkatkan kapasitasnya dengan cara pelatihan-pelatihan seperti ini,” tegasnya.

Kang Dony menambahkan, adanya pelatihan ini sebagai bentuk pembelajaran untuk mengasah jiwa kepemimpinan kader di PMII.

“Proses pembelajaran, proses pengkaderan, proses untuk mengasah jiwa kepemimpinan kita,  proses untuk mewujudkan kemandirian kita, terutama dalam problem solving pemecah masalah, itu inti dari kita berorganisasi,” tandasnya.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Sumedang. Hadir pula dalam pembukaan acara PIW PMII Jawa Barat  jajaran pengurus IPNU, IPPNU, dan kader PMII dilingkungan Sumedang. Selain itu, rencananya pelatihan tersebut akan diselenggarakan selama lima hari, mulai dari Rabu (22/2/2023) hingga Ahad (26/2/2023).

Pewarta: Hami