Inovatif! Kader Ansor Kabupaten Tasikmalaya Buat Lembaga Survei Calon Kepala Desa

126

Kabupaten Tasikmalaya, Ansor Jabar Online

Sebanyak 67 Desa dari 351 Desa yang berada di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 14 September 2023, sesuai dengan Keputusan Bupati tentang Penetapan Pemilihan Kepala Desa serentak periode 2023-2029 dilaksanakan oleh 67 desa pada 35 Kecamatan.

Hal tersebut menjadi titik awal inovasi dari Kader Ansor Kabupaten Tasikmalaya untuk membuat sebuah Lembaga survei yang diberi nama Centeria People Research (CPR) mereka adalah Ajengan Husni Aziz Muhammad Mubarok sebagai Direktur Utama yang juga sebagai Ketua Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor Kabupaten Tasikmalaya dan Sahabat Rizki Kurniawan sebagai Direktur Eksekutif, juga sebagai Kader Ansor PAC GP Ansor Kecamatan Cigalontang.

CPR membuat sebuah program survei yang berjudul Persepsi Warga Terhadap Pemilihan Kepala Desa Sukamanah Kecamatan Cigalontang Tahun 2023 dengan tujuan mengukur dan mengetahui seberapa tau warga terhadap Pilkades, Calon Kepala Desa dan apa saja yang warga inginkan terhadap kepemimpinan kepala desa.

Sebagai respondennya adalah penduduk desa sukamanah kecamatan cigalontang yang tersebar di 27 RT dengan usia 17 tahun ke atas dengan sumber data dari Pemerintah Desa per bulan Juli. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan Margin Of Error (MoE) sebesar 9,8% pada tingkat kepercayaan 90 % dari jumlah sample 108 responden yang tersebar secara proporsional. Periode survei 4-9 September 2023 dengan kendali mutu dilakukan secara berlapis mulai dari rekruitmen, training, interviewer, pengumpulan data, hingga validasi.

Pada Senin (11/9/2023) bertempat di MA Galunggung, CPR melaksanakan Rilis Data dengan dihadiri oleh semua elemen yang bersangkutan, seperti, para calon kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan para tamu undangan.

Dari hasil rilis tersebut menghasilkan sebuah data dari sebuah pertanyaan mengenai siapa yang layak menjadi kepala desa, berikut hasil rilis responden :
Belum memutuskan 38,24 %, Drs. Totong Ahmad 33,33 %, Asdat Sudrajat, S.Kom 20,59 %, Dikdik Munadir, S.Pd.I 4,9 %, Abdul Matin 1,96 %, dan Juhana 0,98 %.

Direktur Utama CPR menerangkan, survei semacam ini diadakan perdana, dengan diawali dari survei kontestasi Pemilihan Kepala Desa.

“insyaAllah nantinya kita akan kembangkan lebih luas lagi, mohon do’anya” ucapnya.

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Tasikmalaya Fahmi Siddiq mengungkapkan rasa bangganya terhadap inovasi yang tak biasa dilakukan oleh seorang kader ansor kabupaten tasikmalaya dengan membuat sebuah Lembaga survei.

“ini merupakan sebuah prestasi bagi ansor kabupaten tasikmalaya sekaligus sebuah bukti bahwa ansor hari ini sudah jauh berkembang sehingga bisa membangun sebuah peradaban yang maju di daerahnya” Ucap Kang Fahmi.

Pewarta : Ahmad Arip Puad Rifai
Editor : Ilham Abdul Jabar