IAIN Bone Benahi Tata Kelola Penulisan Karya Ilmiah

48

Bone—Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone terus berbenah, mengembangkan iklim akademik yang kondusif dan mendorong para dosen untuk menghasilkan karya-karya ilmiah bermutu.

“Walau IAIN Bone agak sulit akses, namun kita tak harus kalah dengan perguruan tinggi di kota-kota besar, terutama dalam melahirkan karya-karya tulis bermutu”, tegas Rektor IAIN Bone Prof. Dr. H. Syahabuddin, M.A pada kegiatan Worshop Review Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, pada Sabtu (6/8).

Syahabuddin bertekad salah satu upayanya adalah melakukan tata kelola penulisan karya ilmiah dengan melakukan review pedoman penulisan karya ilmiah bagi civitas akademika IAIN Bone. “Pedoman Penulisan Karya Ilmiah harus disesuaikan dengan perkembangan terbaru, tantangan yang dihadapi dan mendorong para dosen untuk lebih produktif”, terang Alumni UIN Waliosngo ini.

Kasubdit Ketenagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS) Ditjen Pendidikan Islam melalui kanal zoom mengatakan bahwa hampir semua aktivitas dosen tidak lepas dari hal-hal yang ilmiah, dari mulai penulisan skripsi, tesis, desertasi, jurnal-jurnal bereputasi hingga pelbagai riset.

“Salah satu problem mendasar bagi dosen yang mengajukan kenaikan pangkat akademik Lektor Kepala dan Guru Besar adalah soal adanya jurnal bereputasi internasional”, kata Ruchman.

Karenanya Ruchman meminta kepada dosen IAIN Bone untuk memahami teknik-teknik penulisan karya ilmiah apalagi bereputasi internasional. “Saya memberikan apresiasi yang tinggi IAIN Bone membenahi pedoman penulisan karya ilmiah, sehingga akan memudahkan para dosen untuk berkarya”, kata Kandidat Doktor Manajemen Kependidikan Universitas Negeri Semarang (UNNES) ini.

Saat ini IAIN Bone memiliki dosen berjumlah hampir 200 Tersebar di Fakultas Tarbiyah, Syariah dan Hukum Islam, Ushuluddin dan Dakwah serta FEBI. Memiliki jumlah mahasiswa sejumlah 800 Tersebar di 15 Program studi.

Kegiatan Review Pedoman Penulisan Karya Ilmiah berlangsung dari tanggal 6-8 Agustus 2022 di Watampone dan diikuti oleh 40 peserta berasal dari berbagai fakultas di IAIN Bone. Turut hadir para pimpinan IAIN Bone, Pimpinan Fakultas dan para Pejabat lainnya.(RB)