Dukung Program SDGs, PMII Sumedang Gelar Webinar dan Lomba Karya Tulis Ilmiah

Dukung Program SDGs, PMII Sumedang Gelar Webinar dan Lomba Karya Tulis Ilmiah

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Kabupaten Sumedang menyelenggarakan Webinar yang bertemakan “Mewujudkan Generasi yang Tangguh dan Berbudaya”. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan hari lahir PMII ke-61. Dalam agenda webinar ini juga disisipkan pengumuman lomba esai ilmiah dengan tema yang sama yang merebutkan piala Bupati dan uang pembinaan jutaan rupiah.

Bukan tanpa pemikiran utama mengapa webinar yang diusung berkaitan dengan SDGs. Tema ini juga selaras dengan tema utama peringatan harlah PMII ke-61 yaitu PMII terdepan dalam kemajuan. Apabila berbicara tentang kemajuan tentu berbicara bidang mana saja dan seperti apa kerangka kerja untuk meweujudkan kemajuan itu.
Adapun pembicara yang diundang oleh panitia merupakan tokoh-tokoh yang sentral di bidangnya dan akan dibuka langsung oleh bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir.

Pembicara pertama yang akan membawakan peran perempuan dalam mewujudkan kualitah hidup dan pemberdayaan berbasis inklusif, Tri Mumpuni adalah sosok perempuan pemberdaya masyarakat dengan lembaganya IBEKA sudah diakui oleh lembaga internasional sebagai salah satu tokoh perempuan muslim berpengaruh. Yang kedua ada Dwi Indra Purnomo selaku Founder The Local Enablers yang sudah melakukan berbagai inovasi dan pendampingan UMKM hingga Papua serta banyak pengharagaan di bidang pemberdayan di bidang ekonomi dan inovasi mulai dari nasional hingga internsional akan membawakan materi terkait ekonomi kreatatif. Yang ketiga adalah M. Abdullah Syukri sosok ketua Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) yang pernah mejadi delegasi Indonesia dalam program perdamaian dunia 1000 Abrahamic Circles, dengan pengalamannya beroragnisasi dan pengelolan SDM akan membawakan peningkatan kapasitas pemuda dan moderasi beragama sebagai tonggak kemajuan peradaban.

Ketua pelaksana dan juga ketua bidang eksternal PMII Cabang Sumedang, Muh. Muhtarudin menambahkan, “dengan diadakannya lomba essai ilmiah dan webinar nasional yang bertemakan SDGs ini dapat memicu kesadaran dan semangat kolektif kaum muda kususnya mahsiswa untuk terwujudnya Sustainable Development Golas atau dalam bahasa Indonesianya Pembangunan yang berkelanjutan.
Ia juga menegaskan bahwa SDGs ini merupakan hajat semua negara yang tergabung dalam persatuan bangsa-bangsa (PBB) yang bertujuan meningkatkan kualitas kehidupan umat manusia dan mahluk hidup di bumi, melalui 17 bidang yang secara jelas terperinci . Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban bagi kita, PMII yang senantiasa bergerak dalam mewujudkan cita-cita kesejahteraan masyarakat secara menyuluruh harus paham dan terlibat dalam agenda-agendanya.

Adapun agenda kompetisi esai ini diadakan dari tanggal 18 April hingga 4 Mei mendatang dan untuk pengumuman bertepatan dengan agenda Webinar tanggal 8 Mei 2021.
Untuk info lebih lanjut terkait agenda kegiatan bisa dilihat melalui akun resmi Instagram PC PMII Sumedang (pmii_sumedang)

http://bit.ly/webinarnasionalSDGs

comments