Taman Belajar Al-Afifiyah Kota Bandung Salurkan 5 Ton Beras untuk Masyarakat di Bulan Ramadhan Tahun Ini

170

Jumat, 7 April 2023

Ada banyak ragam kegiatan dan jenis ibadah bisa dilakukan di bulan suci Ramadhan, tidak hanya menjalankan ibadah berupa kesalehan ritual semacam shalat fardhu dan sunnah, berdzikir serta membaca dan tadarus Al-Qur’an tetapi juga penting melaksanakan ibadah berupa kesalehan secara sosial memberi manfaat langsung pada keluarga, tetangga, dan masyarakat. 

Seperti apa yang dilakukan Taman Belajar Al-Afifiyah Kopo Cirangrang, Babakan Ciparay, Kota Bandung. Mereka berbagi sejumlah uang dan beras untuk masyarakat yang memerlukan bantuan.

Acara pembagian beras tersebut dihadiri oleh anggota DPR RI H Muhammad Farhan dan sejumlah tokoh dari unsur Muspika Kelurahan Cirangrang.

Juga dalam kegiatan ini ada keterlibatan dari lintas agama.
“Kegiatan ini juga melibatkan berbagai komunitas serta personal lintas agama di seputar Bandung,seperti,Caritas Keuskupan Bandung , GKI dan personal dari Hindu,Budha dan Khonghucu”.

Menurut Krisna Maulana, Ketua Panitia acara berbagi beras ini menjelaskan bahwa beras yang berhasil dikumpulkan sejumlah 5 Ton lebih ini akan dibagikan ke berbagai wilayah seputar Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Wilayah Garut Selatan, Kabupaten Bandung Barat bahkan untuk bantuan yang berupa uang akan dikirimkan untuk diadakan pembagian beras ke jejaring santri di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Luar Jawa. “

Panitia yang terdiri dari para santri oleh Pak Kiai diajarkan agar kita tidak hanya pandai berceramah dan pidato saja tetapi harus bisa berbuat nyata bagi masyarakat, meneladani Rasulullah Saw yang saleh secara ritual dan juga saleh secara sosial, telah lebih dari 10 tahun Al-Afifiyah dipercaya menyalurkan bantuan dari para dermawan,tepatnya tahun ke -15 program Al-Afifiyah berbagi di bulan Romadhon ,tahun ini beras yang terkumpul 5 Ton lebih,” terangnya. 

Kang Krisna, sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa beras itu akan dibagikan pada yang memerlukan di berbagai wilayah tidak hanya diseputar Kota Bandung, tetapi juga di pedalaman desa-desa di pegunungan Kertasari Kabupaten Bandung, dusun-dusun di Singajaya di kaki Gunung Gelap Garut Selatan, dan di daerah Rongga di Bandung Barat. Kang krisna mengatakan rangkaian acara hari ini sekaligus untuk memperingati Nuzulul Qur’an bersama para mahasiswa penghafal Al-Qur’an. “Rangkaian acara hari ini adalah peringatan Nuzulul Qur’an selain berbagi beras untuk Keluarga yang memerlukan, kami juga mengadakan berbagi Takjil di seputaran cirangrang lanjut setelah taraweh dilaksanakan khataman Al-Qur’an 30 Juz bersama hafidz.” jelasnya. 

Sementara itu, salah seorang penerima bantuan secara simbolis yakni Ceu Ita merasa sangat bersyukur dengan adanya bantuan beras ini. “Saya senang sekali dapat bantuan beras di bulan Ramadhan ini, semoga para dermawan mendapat limpahan berkah dan rejeki dari Allah Swt,” tutur Ceu ita.