Cegah Abrasi, Mahasiswa UNU Cirebon Tanam Mangrove di Indramayu

112

Indramayu, Ansor Jabar Online

Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon melakukan penanaman bibit Mangrove di Pantai Banji, Desa Tanjakan, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu, Ahad (27/08/2023).

Kegiatan penanaman bibit Mangrove yang diinisiasi oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNU Cirebon ini dihadiri oleh pemerinta desa setempat, Wakil Rektor III UNU Cirebon dan beberapa dosen pembimbing lapangan.

Dalam sambutannya, Bahtiar, S.Pd., MM. selaku Wakil Rektor III mengapresiasi apa yang dilakukakan oleh Mahasiswa KKN UNU Cirebon tersebut. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah desa dan perhutani yang turut andil dalam suksesnya kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, Bahtiar menjelasan bahwa kegiatan-kegiatan terkait kelestarian lingkungan ini merupakan bagian dari responsible atau tanggung jawab mahasiswa terhadap kelestarian alam yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam maqoshid al-syariah.

Sementara itu, Ulul Azmi, Panitia KKN UNU Cirebon yang dihubungi melalui pesan whatsapp menyambut dan mengajak semua pihak untuk turut serta bekerja sama dalam program-program kelestarian lingkungan.

“Di NU itu ada LPBI, lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim, mahasiswa kami (mahasiswa UNU Cirebon) insya allah siap untuk bekerja sama, bukan dengan LPBI saja tapi mungkin dengan lembaga-lembaga lain termasuk dengan pemda,” ujarnya.

KKN UNU Cirebon yang mengangkat tema “Penguatan Masyarakat Pesisir dalam Menyongsong Era Society 5.0” ini diikuti oleh 400 mahasiswa yang ditempatkan di empat kecamatan, dua diantaranya berada di wilayah kabupaten Cirebon, yaitu kecamatan Suranenggala kecamatan Kapetakan dan dua diantaranya lagi berada di kabupaten Indramayu yaitu di kecamatan Krangkeng dan kecamatan Karangampel.

Pewarta: Iin Syamsul Arifin
Editor: Wandi Ruswannur