Hadiri Kopdar Ansor Jabar Menulis, Chef Profesional Ungkap Kesamaan Memasak dan Menulis Berita

105

Bandung, Ansor Jabar Online

Rudy Mujianto, seorang Chef profesional berbagi pengalaman profesinya dengan peserta Kelas Ansor Menulis ke-1 di kantor Pimpinan Wilayah GP Jawa Barat, Jalan Terusan Galunggung, No 9, Sabtu malam (26/08/2023).

Menurut chef yang sekaligus Asisten Administrasi dan Personalia (Asmimpers) di jajaran Kasatkornas ini, walaupun memasak dan menulis berita adalah hal yang berbeda, tapi dalam beberapa hal ada kesamaan, seperti bagaimana memilah dan memilih bahan, mengolahnya dengan metode dan taknik yang baik, terakhir bagaimana menyajikan masakan maupun berita sehingga membuat penikmatnya puas.

“Setidaknya ada 3 hal yang harus bisa dilakukan oleh chef maupun wartawan, pertama bagaimana memilih bahan karena bahan yang bagus akan menghasilkan olahan yang bagus, kedua tentang metode dan tehnik dalam mengolah bahan sehingga menghasilkan sajian yang tak hanya mengenyangkan perut tapi juga enak di lidah” ungkapnya.

“Yang ketiga adalah cara penyajian atau penampilan, ini pun merupakan bagian yang tak kalah penting dalam menekuni profesi chef maupun wartawan, karena tujuannya adalah memperindah hasil dari pemilihan bahan dan pengolahan tadi,” katanya.

Chef rudi pun berbagi tentang pengalaman nya bekerja di Amerika, awal mula menjadi Banser, hingga kini menjadi juru masak yang sering dipanggil oleh Ketua Umum PBNU dan Menteri Agama untuk menjamu tamu-tamu penting.

Pewarta: Imam M Fathurohman
Editor: Wandi Ruswannur