MWCNU Kedokanbunder Ikuti Sekolah Bahsul Masail PWNU Jawa Barat

66

Dalam rangka meningkatkan kompetensi Majelis Wakil Cabang Nahdlatul ‘Ulama Kecamatan Kedokanbunder mengirimkan delegasi pengurus lembaga Batsul Masail mengikuti kegiatan “Sekolah Batsul Masail” yang diselenggarakan oleh PW NU Jawa Barat.

Sekolah Bahsul Masail dilaksanakan di Pondok Pesantren Hidayatut Tholibin Desa Karanganyar Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu Jawa Barat, Ahad, 11 Juni 2023.

Kegiatan diikuti oleh delegasi dari Lembaga Batsul Masail MWC NU, Pondok Pesantren, Yayasan se-kabupaten Indramayu.

Delegasi dari MWC NU Kecamatan Kedokanbunder diwakili oleh Kiai Jabidin, Muhyiddin, Mohammad Thosin, Apdi Prayitno dan Imam.

“Satu tahun Kiai Jabidin menjadi ketua MWC NU Kecamatan Kedokanbunder terus melakukan kerja kerja organisasi, melakukan langkah nyata membentuk lembaga, membantu, memfasilitasi, melakukan kaderisasi, proses regenerasi pada Banom NU sebagai pewaris calon pengurus MWC NU dimasa yang akan datang.

Kiai Jabidin adalah kiai muda kelahiran kecamatan kedokanbunder yang juga kepala RA NU Kaplongan.” ungkap Amin Hidayat Sekretaris Upzis NU Care LAZISNU Kecamatan Kedokanbunder.

Tujuan dari Sekolah Batsul Masail ini untuk memahami tata cara pelaksanaan Batsul Masail, pengambilan referensi atau rujukan, rumusan masalah dan memutuskan hukum.

Kajian memahami metode untuk mencari status hukum dari berbagai masalah yang baru, baik itu maudlu’iyyah, qonuniyah atau waqi’iyyah.

Kiai Jabidin menjelaskan bahwa mengikuti kegiatan “Sekolah Batsul Masail” merupakan suatu Ikhtiyar untuk meningkatkan kompetensi atau kemampuan, proses pembelajaran, yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengurus lembaga Batsul Masail MWC NU Kedokanbunder melalui pembinaan dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan pengurus dalam mengelola kegiatan