Mahasiswa UIN KHAS Jember Borong Juara 1, 2, 3 Semnasbama Nasional

Mahasiswa UIN KHAS Jember Borong Juara 1, 2, 3 Semnasbama Nasional

Jember—Tiga mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember berhasil memborong Juara 1, 2, dan 3 dalam lomba Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa (Semnasbama) Tingkat Nasional ke-V di Universitas Negeri Malang (UM).

Gelaran bergengsi bagi mahasiswa Perodi Bahasa Arab rutin diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang (UM) mengantarkan Fathoni Arifandi sebagai Juara 1, Faris Maturedy Juara 2, dan Ahmad Yasir Amrullah Juara 3 yang mengambil perlombaan katagori S2.

Semnasbama ke V diikuti oleh 50-an perguruan tinggi di Indonesia dan satu diantaranya dari Maroko. Untuk kelas strata satu (S1) diikuti oleh kurang lebih 30 perguruan tinggi dan S2, 20 perguruan tinggi.

Fathoni Arifandi mengangkat tema: “Dialek Madura pada Tindak Tutur Mahasiswa di Jember”. Faris Maturedy dengan judul: “Pengembangan Perpustakaan Digital Khusus Rujukan Berbahasa Arab” dan Ahmad Yasir Amrullah megambil topik “Penerapan Metode Kitabhahku untuk Pengembangan Penulisan Bahasa Arab”.

Semnasbama memperlombakan kemampuan dalam menulis artikel Bahasa arab sekaligus mempresentasikan dalam bentuk video dan dinilai oleh Dewan Juri yang kompeten. Dari keseluruhan peserta di ambil 6 orang untuk presentasi melalui video dan ditetapkan kejuaraannya.

Fathoni Arifandi mengucapkan syukur alhamdulillah, berhasil melalui tahapan lomba dengan baik sampai menyabet juara 1, 2 dan 3 dari UIN KHAS Jember setelah diuji secara ketat oleh dua pakar Bahasa Arab dari UM, yaitu Dr. Mohammad Alfan dan Dr. Lukman Hakim.

Pengumuman lomba diterima Fathoni pada Sabtu (16/7). “Kampus UIN KHAS Jember ke depan dapat menyelenggarakan kegiatan serupa UM bahkan dinaikan di level internasional untuk membahas wacana-wacana aktual pengembangan Bahas Arab”, harap Fathoni.

Pada saat perlombaan dan seminar, dihadirkan pembicara kunci yang mengupas hal ikhwal pengembagan Bahasa Arab, yaitu Dr. Musthofa Farouk Dosen Adab dan Humaniora Universitas Al-Azhar Kairo Mesir dan Abu Sholeh dari Universitas Al-Azhar. Sementara dari Indonesia dihadirkan Dr. Kholisin Dosen Bahasa Arab UM.

Rektor UIN Kyai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember Prof Babun Suharto mengatakan alhamdulillah ini pencapaian yang luar biasa yang diraih mahasiswa kami. “Selamat kepada tiga mahasiswa yang telah membawa nama harum kampus di kancah nasional”.

Babun melanjutkan atas nama pimpinan, kami sangat bangga atas prestasi nasional itu dan ke depan akan terus kita dorong agar mahasiswa UIN Jember terus meraih prestasi di berbagai event.

“Prestasi di bidang Bahasa Arab semakin meneguhkan komitmen kajian-kajian Islamic Studies di tengah keilmuan yang beragam di UIN,”, terang Babun.(Humas/RB).

comments