Ansor Sumedang Berikan Biasiswa S1 Kepada 215 Kader

97

PC GP Ansor Kabupaten Sumedang menyelenggarakan kegiatan sosialisasi “Beasiswa S1” dan Pembekalan kepada calon Peserta penerima Beasiswa yang bertempat di Gedung PCNU Sumedang, Minggu (09/7/2023).

Beasiswa S1 tersebut merupakan program Kerjasama Antara PC GP Ansor Sumedang dengan STIS As-Saadah Sukasari Sumedang

Beasiswa ini diberikan kepada 215 peserta yang terdiri dari 2 angkatan, Angkatan Ke-1 diberikan pada tahun Akademik 2022/2023 Sebanyak 104 orang dan Angkatan Ke-2 untuk Tahun Akademik 2023/2024 sebanyak 111 Orang dimana jumlah peserta tersebut notabene mayoritasnya adalah kader Ansor yang ada di Kabupaten Sumedang dan sebagiannya dari Pemuda yang ingin meneruskan jenjang pendidikannya.

Program beasiswa ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi Kader Ansor yang ada di Kabupaten Sumedang, serta mewujudkan Kader- kader yang berkualitas baik dari segi intelektualitasnya, skillnya dan mempunyai atitude yg baik. Hal tersebut di sampaikan Oleh Acep Komarudin Hidayat selaku Ketua PC GP Ansor Sumedang.

Acep juga menyampaikan beberapa syarat yang harus di tempuh oleh peserta dalam menerima beasiswa tersebut, dengan menyertakan Sertifikat Pendidikan atau Kaderisasi GP Ansor, dan Rekomendasi Pimpinan Cabang.

“Syarat bagi Peserta yang ingin lolos Beasiswa ini, harus membuktikan sertifikat Kaderisasi di Ansor, minimal PKD. Bagi yang belum wajib mengikuti dulu Pendidikan tersebut, itu wujud komitmen Bagi GP Ansor”. Ujar Acep

Lanjutnya, Acep mengatakan bahwa bagi yang belum mengikuti Kaderisasi, kami akan fasilitasi tempat dan waktunya untuk dilaksanakan Pelatihan Kader Dasar (PKD).

Sementara itu Perwakilan dari Pihak STIS As-Saadah Dadan Buldani M.Pd. yang merupakan Pembantu Ketua Bidang Keuangan menjelaskan bahwa Program Beasiswa Kerjasama dengan Ansor ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan kepada beberapa kader-kader Ansor yang memiliki militansi dan kapabilitas yang tinggi tapi ketika akan memasuki dunia kerja yang mensyaratkan sarjana, terganjal aturan formal. Ucap Dadan.

Dadan yang juga Bendahara PCNU Sumedang menambahkan bahwa program beasiswa ini dibagi kedalam beberapa kategori dan berbentuk subsidi pendidikan. Oleh karena itu diharapkan terjadi subsidi silang antara calon mahasiswa yang sudah mampu dengan mahasiswa yang kurang mampu.

Adapapun Program Studi yang di ambil untuk beasiswa ini ada 2 Prodi, yaitu Hukum Ekonomi Syari’ah (HES) dan Hukum Keluarga Islam (HKI).

(/Red)