DPD KNPI Apresiasi PC NU Indramayu Adakan Lelang Jabatan

61

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Indramayu mengapresiasi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Indramayu dalam hal perekrutan calon pengurus lembaga-lembaga.

Berdasarkan surat edaran PCNU Kabupaten Indramayu Nomor : 037/PC/A.II/4/2022 tanggal 6 April 2022 perihal pengumuman rekrutmen pengurus lembaga-lembaga.

PC NU Indramayu membuka kesempatan seluas-seluasnya kepada warga NU Indramayu untuk mengikuti seleksi calon pengurus secara terbuka.

Rangkaian perekrutan pengurus tersebut melalui beberapa tahap, diantaranya pendaftaran calon pengurus, fit and proper test, pengumuman, pengukuhan dan pelantikan.

“Ini perlu diapresiasi bersama terutama pemerintah daerah Indramayu bisa mencontoh model seleksi terbuka yang dilaksanakan Pengurus Cabang,” kata Amin Hidayat selaku Wakil Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Indramayu.

Salah satu cara memperoleh pengurus yang berkualitas untuk duduk dalam jabatan struktur lembaga di PCNU Indramayu adalah melalui pendaftaran yang dilakukan secara terbuka.

“Jabatan merupakan bentuk penentuan posisi seseorang untuk menempati suatu jabatan di 18 Lembaga yang ada di PCNU Indramayu, sehingga dengan penunjukan yang tepat maka akan menghasilkan pengurus yang mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya berdasarkan wewenang serta tanggung jawab yang akan diembannya dalam melaksanakan program kerja lembaga PCNU Indramayu,” tuturnya.

“Objektivitas PCNU Indramayu merupakan hal yang mutlak berdasarkan kepada kriteria yang ditentukan dengan mekanisme penentuan yang jelas bukan kepada kedekatan dengan tim sukses ketua. Asas-asas harus ditanamkan sebagai dasar pemilihan, berupa kepercayaan, keadilan, dan kebutuhan formasi,” imbuhnya.

Dalam pelaksanaan rekrutmen juga kata Amin harus berdasarkan pengalaman, kecakapan, serta kombinasi pengalaman. “Namun lebih penting dari itu pemberian tanggung jawab dan kewenangan yang lebih tinggi patut diberikan kepada mereka yang berprestasi,” pungkasnya.