Ansor PAC Panguragan Akan Sambut Kemerdekaan Dengan Ngaji Kitab Idhotun Nasyi’in

86

Bandung, Ansor Jabar Online

Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon Dalam agenda bulanannya, akan menggelar ngaji kebangsaan, di Mushola Al-Qodiriyah Panguragan Wetan Blok 3, Rabu mendatang (16/08/23) Pukul 19.30 WIB.

Dengan tema ‘mengisi amaliah keaswajaan Annahdliyah, guna meneladani perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan tanah air’ mereka akan ngaji kitab Idhotun Nasyi’in bersama Gus Hasan Malawi, Wakil Sekretaris Ansor Kabupaten Cirebon.

Agenda ini merupakan refleksi bersama kader-kader Ansor Kecamatan Panguragan. Dimana kader Ansor sebagai pemuda, punya tanggung jawab sejarah yang besar.

“Karena sejarah perjuangan bangsa indonesia itu tak lepas dari peranan pemuda.” Ujar Ketua PAC, Saefus Solihin Al-Sanah.

Menurutnya, perlu ada kesadaran kolektif dalam diri pemuda. Dengan adanya kesadaran hari bersejarah ini, pemuda bisa belajar dari perjuangan founding father bangsa Indonesia. Kumudian, lanjutnya, nilai-nilai itu dapat ditransformasikan sesuai dengan konteks dan tantangan yang dihadapi sekrang.

“Kader Ansor diharapkan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa ini. giat dzikir dan ngaji kebangsaan merupakan perpaduan kebutuhan dimensi spiritual dan akal. Kader yang asupan spiritual dan akalnya seimbang, ia akan mampu menjadi kader paripurna.” Pungkasnya.

Ia juga berharap, dari kegiatan ini berharap pemuda NU secara epistimologi gerakan bisa terbangun lebih luas, terlebih bahwa gagasan yang tertuang dalam kitab ini masih cukup relevan secara kontekstual.

Pewarta : Isal
Editor : Ilham Abdul Jabar