Natural! Suasana Konferensi Anak Cabang III Dengan Guyonan-Harmoni

42

Depok. Terpantau Konferensi Pengurus Anak Cabang ( PAC) Gerakan Pemuda Ansor ( GP Ansor), yang dikaksanakan pada Sabtu malam ( 23/11), bertempat di Jl Raya Muchtar GG Gandaria RT 03/07, Sawangan, Kecamatan Sawangan, penuh dengan suasana cair dan substansional.

Ya benar saja, kegiatan konferensi yang bertema “Membangun Pemuda Cerdas berintegritas” benar-benar tidak menonjolkan kesan formal dan kaku. Justru sebaliknya, dalam forum tersebut seluruh peserta yang hadir menunjukan suasana canda tawa penuh gembira dan Harmoni.

Terbangunnya suasana gembira selama kegiatan, bukan tanpa alasan. Sebagaimana dikatakan pimpinan Ansor Sawangan, ini soal strategi membangun Integritas pimpinan dan anggota.

“ Di Ansor-Banser itu bukan organisasi Profit, akan tetapi mereka ( Pimpinan dan anggota ) hingga sampai Ranting Ikhlas berjuang. Maka dari itu proses nya harus dibawa dengan gembira dan menyatu. Ungkap Basyuni selaku Ketua PAC sawangan.

Canda tawa penuh harmoni Juga terlihat disaat Abdul Kodir menyampaikan sambutan tentang tujuan Substansi Gerakan Pemuda Ansor. “ Berdiri-berdiri”. Teriakan sahut-tawa bahagia para peserta konferensi, ketika Ketua Ansor cabang Kota Depok mencoba duduk saat sambutan. Teriakan peserta konferensi ini merupakan guyonan khas untuk Ketua yang dianggap mempunyai postur tubuh kurang ideal.

“ Konferensi anak cabang ini merupakan amanah organisasi, mau tidak mau harus dilakukan dengan kurun waktu sebelum SK berakhir. Selain upaya peremajaan struktur kepengururaan juga upaya mengikuti peraturan organisasi. Tegas Kodir dalam sambutan.

Hal Senada disampaikan ketua Terpilih Andi Basyuni. Saat ditemui ia menyampaikan bahwa Pimpinan Anak Cabang berkewajiban Menjalankan semua ketentuan Hasil Keputusan forum tertinggi hingga Tingkat Cabang.

“Walau proses dilakukan dengan santai dan sarat canda-tawa, Semua yang kita jalankan sesuai program dari atas ( Pimpinan cabang hingga pusat). pengurus setingkat kita wajib sesuai juknis program turunan”. Jelas pemuda yang kini terpilih lagi menjadi ketua PAC periode 2019-2021 ini.

Ia berharap, lanjut Andi Basyuni, dengan terpilihnya kembali, akan berusaha semaksimal mungkin menjalankan amanah dari organisasi dan pesan-pesan para ulama. Ansor Sawangan oleh Ulama diminta lebih solid dan totalitas untuk khidmat pada NU khususnya di Banom GP Ansor dan masyarakat pada umumnya.

“Sejak terbentuknya pengurus tahun 2004, Ansor disambut baik oleh ulama dan masyarakat setempat. Jadi ruang kepercayaan ini akan kami maksimalkan untuk mengabdi pada Masyarakat, agama dan bangsa.” Imbuh laki-laki yang mempunyai dua anak ini.

Diketahui pelaksanaan kegiatan Konferancab III ini dihadiri 50 an peserta aktif. Selebihnya turut hadir dari berbagai unsur, Yakni Ulama, Legeslatif, Tokoh masyarakat. Karangta Taruna.

(sodiqul anwar)