Menag Takziah ke Rumah Duka Almarhumah Laeliana Shofiati

186

Brebes (Kemenag) — Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas menyempatkan diri bertakziyah ke rumah duka almarhumah Laeliana Shofiati, di Brebes. Almarhumah merupakan istri dari Kasubdit Ketenagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Ditjen Pendidikan Islam, Ruchman Basori.

Almarhumah dimakamkan di tempat kelahirannya, Desa Cikeusal Kidul, Ketanggungan, Brebes, Jawa Tengah. Hadir mendampingi, Stafsus Menag Abdul Rochman dan Wibowo Prasetyo, Rektor UIN KH. Abdurrahman Wahid, serta sejumlah pejabat dari Kanwil Kementerian Agama dan Kankemanag Kabupaten Brebes.

“Pak Rohman yang sabar dan ikhlas ya, tetap semangat insya Allah almarhumah husnul khatimah dan tergolong syahidah,” demikian kalimat takziyah yang disampaikan kepada Ruchman Basori sang suami, Brebes, Rabu (28/9/2022).

Gus Yaqut sapaan akrab Menag juga menghibur dan menyemangati putra dan putri almarhumah. Ada tiga anak almarhumah, yaitu: Nawal Zakhira Rahmalia (Kelas XII MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto), Malvin Samih Rahman (Kelas VII MTs Madrasah Pembangunan UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta), dan Barraq Nabih Rahman (Kelas I MI Madrasah Pembangunan).

Laeliana Shofiati meninggal dunia pada Selasa (27/9) Pukul 06.05 WIB di salah satu Rumah Sakit Ibu dan Anak yang ada di daerah Ciputat setelah melahirkan anaknya yang ke-4. Bayi yang diberi nama Ahmad ini juga wafat.
“Istri saya meninggal karena pendarahan pada 7 bulan usia kehamilan yang awalnya diperkirakan akan lahir pada akhir November,” terang Ruchman.

Laeliana Shofiyati meninggal pada usia 43 tahun. Selama hidupnya, almarhumah dikenal sebagai pribadi yang baik, sabar dan telaten, serta lembut dalam tutur katanya. “Sangat menyayangi putra dan putrinya dan pribadi yang tegar dalam menghadapi pelbagai masalah,” kenang Ruchman.

Almarhumah tercatat sebagai alumni IAIN Walisongo Semarang (sekarang UIN) Angkatan 1999. Aktif dalam organisasi kemahasiswaan pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Pada organisasi extra kampus sempat didapuk menjadi Ketua Rayon PMII Tarbiyah Komisariat Walisongo, Komisariat PMII Walisongo hingga Cabang PMII Kota Semarang.

Ruchman Basori menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga atas ucapan bela sungkawa, doa-doa yang dipanjatkan dan takziyah dari Menteri Agama, Sekjen Kemenag Nizar Ali, Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani, Kabalitbang dan Diklat Suyitno, Staf Khusus Menteri Agama (Isfah Abidal Aziz, Abdul Rochman, Wibowo Prasetyo), Tenaga Ahli Menteri Agama (Mahmud Syaltouth, Hasan Basri Sagala), Direktur Pdpontren Waryono Abdul Ghofur dan Direktur lainnya di lingkungan Ditjen Pendis, para Rektor PTKIN, para guru, dosen dan sahabat-sahabat semua.

Doa tahlil untuk almarhumah selain diselenggarakan di Brebes selama 7 hari juga dilaksanakan di Rumah Duka di Pamulang. Beberapa kolega Almarhumah juga menggelar tahlil virtual.(RB)