Uninus Masuk 4 Besar Kampus Islam Terbaik di Jawa Barat

72

Bandung, AnsorjabarOnline

Civitas akademika Uninus semakin optimis untuk terus mengibarkan prestasi akademik.  Raihan peringkat empat Universitas Islam terbaik di Jawa Barat Versi UniRank didapatkan Universitas Islam Nusantara (Uninus).

Diberitakan NUOnline, Rektor Uninus Prof Obsatar Sinaga menjelaskan dengan peringkat empat terbaik Universitas Islam di Jawa Barat semakin menguatkan civitas akademika untuk terus meningkatkan prestasi dan menunjukkan kepada masyarakat bahwa Uninus mampir, Uninus bangkit.

“Ini bukti seluruh kerja keras civitas akademika di Uninus. Baik mahasiswa, dosen, staf pengajar dan seluruh pimpinan fakultas dan rektorat, serta yayasan yang selalu mensuport Civitas Akademika dalam berbagai kegiatan dan pengembangan prestasi, ” jelasnya, Jum’at 21 Juli 2023.

Melalui perguruan tinggi Islam, mahasiswa tidak hanya memperoleh pengetahuan umum, tetapi juga ilmu keislaman, tentunya dengan kualitas terbaik yang dimiliki. Sejumlah Perguruan Tinggi Islam di Jawa Barat baik negeri maupun swasta masuk ke dalam pemeringkatan perguruan tinggi 4 International College and Universities (4ICU) UniRank di tahun 2023.

Pemeringkatan itu melibatkan 57 perguruan tinggi di Jawa Barat yang memenuhi kriteria pemilihan. Sedikitnya ada 11 yang dinilai terbaik. Berikut daftar lengkap dari laman resminya:

1. Unversitas Islam Bandung 
2. UIN Sunan Gunung Djati
3. Universitas Ibn Khaldun Bogor 
4. Universitas Islam Nusantara (Uninus)
5. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya 
6. Universitas Muhammadiyah Cirebon 
7. Universitas Islam 45 Bekasi
8. Universitas Muhammadiyah Sukabumi
9. Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
10. Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
11. Universitas Muhammadiyah Bandung

Prof Obi, sapaan akrab Rektor Uninus, berharap, masyarakat di Jabar dan kota Bandung untuk tidak ragu merekomendasikan Uninus sebagai kampus yang tepat bagi masa depan pendidikan yang gemilang.

“Kami terus melakukan pembenahan di semua bidang, baik dari manajemen yayasan dan penataan di tingkat fakultas. Bahkan Program Studi (prodi) di Uninus, sudah mendapatkan SK dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) PT (Perguruan Tinggi), ditambah Uninus kini resmi memiliki prodi S3 Pendidikan Agama Islam, belum ditambah dengan beberapa prodi yang segera akan terbit SK-nya, ” jelas Prof Obi.

Diakui Prof Obi, bahwa target uninus dua tahun ke depan, yakni menjadi Universitas unggul dan lalu world class university.

Prof Obi melihat, eskalasi Uninus terus meningkat dari sisi prestasi, kualitas pendidikan dan kualitas sumber daya manusia.

“Itu target kita, dan siap kita raih. Seperti pernah diungkapkan oleh Prof Muhammad Nuh mantan Mendikbud tahun 2009 yang berkunjung ke Uninus beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa Uninus bentuk new Uninus kelihatannya akan menjadi universitas unggul kedepannya, ” papar Rektor Uninus Prof Obi.

Uninus saat ini, dalam kepemimpinan Prof Obi yang dinilai oleh para civitas akademik uninus, termasuk alumni, dapat menciptakan kekompakan dan semangat kekeluargaan di uninus.

Menurut beberapa pimpinan fakultas yang ditemui, kepemimpinan Prof Obi membawa iklim kerja yang kompak dan sama sama bertanggung jawab untuk kemajuan institusi.

Uninus sendiri sebelummya versi edurank 5 bulan lalu menempati ranking 8, dan saat ini versi unirank, uninus menempati ranking 4.

Sumber : NUOnline