Jelang Pemilu 2024, Sejumlah Partai Siapkan Kader Rebut Kursi Legislatif

136

Cirebon, Ansor Jabar Online

Sejumlah anak muda turut menjajal berkompetisi lima tahunan itu. Salah satunya adalah Syam’un Nasiruddin yang merupakan petarung baru.

Pria kelahiran Cirebon, tepatnya 30 tahun lalu itu mencoba bersaing dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Kabupaten Cirebon, meliputi Kecamatan Sumber, Kecamatan Dukupuntang, Kecamatan Plumbon, Kecamatan Weru dan Kecamatan Plered.

Syam’un Nasiruddin merupakan anak dari KH. Nasiruddin Siddiq, salah satu deklarator PKB di Cirebon sekaligus Pendiri Ponpes Tarbiyatul Banin, Kaliwadas itu akan menggunakan kendaraan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menuju Gedung Parlemen DPRD Kabupaten Cirebon.

Pria yang kerap disapa Ang A’un itu sangat optimistis untuk mampu mendongkrak suara partai di Dapil 1. Sebagai Caleg muda, dirinya juga bisa menggait suara pemilih pemula pada Pemilu 2024.

Menurut A’un, dirinya sudah menyiapkan strategi khusus untuk menggait suara dari milenial dan gen-Z yang menjadi pemilih terbanyak Pemilu 2024 di Kab. Cirebon, khususnya Dapil 1.

A’un menyebutkan, salah satu cara yang akan ia gunakan adalah memilih pola komunikasi yang memang dekat dengan anak muda, tidak formal dan mengedepankan Behavior Approach.

“Saya kan bagian dari Pemuda, yang saat ini berjuang melalui Pemilu 2024 dan Parlemen nantinya. Ia optimistis, dengan cara itu ia bisa mendapat dukungan suara,” terangnya.

“Saya sangat optimistis. Kita sudah bergerak sejak bulan November 2022. Jauh sebelum penentuan proposional terbuka atau tertutup dan penetapan Nomor Caleg sekarang ini. Tentunya, kita akan menggunakan pola 5G sebagaimana dengan perkembangan teknologi: Gelem Nemoni (ngelayani), Gerak bersama, Gerak cepat, Gelem pegel, dan Gelem ngopeni,” tegasnya.

Selain itu, A’un mengungkapkan bahwa pemuda sangat penting untuk melek politik, karena bisa membuat politik itu menjadi sehat dan menarik, riang gembira serta tentunya tetap kritis terhadap kebijakan.

“Mudah-mudahan dengan keseriusan kita ini, suara partai juga bertambah. Syukur-syukur kursinya juga tambah,” ungkap Ang Au’n.

Putra pasangan KH. Nasiruddin Siddiq dan Hj. Qomariyah itu mengaku sudah mulai membentuk sejumlah tim pemenangan di seluruh Kecamatan, Desa-desa bahkan sampai tiap RT/RW di Dapil 1 untuk mendulang suara maksimal. Bahkan mesin tim pemenangan juga sudah sangat siap.

“Saya beserta tim pemenangan akan gunakan strategi khusus untuk mengupas apa yang menjadi harapan dari Milenial dan Gen-Z ke depan,” kata A’un, saat diwawancarai, Kaliwadas, Sumber-Cirebon, Juma’t (01/9).

Dengan pengalamannya aktif dalam berbagai organisasi, Pondok Pesantren Tarbiyatul Banin, Kaliwadas-Sumber, Ketua PAC GP Ansor Kec. Sumber, dan sekarang ia tercatat sebagai pengurus aktif di PC GP Ansor Kab. Cirebon serta diamanahkan menjadi Ketua MDS RA PC GP Ansor Kabupaten Cirebon.

Dirinya yakin mampu mengemban amanah masyarakat, sebagaimana yang pernah dicontohkan dan dibangun oleh Almaghfurlah KH. Nasiruddin Siddiq, khususnya dalam memperjuangkan hak dan aspirasi Masyarakat secara umum, dan warga Nahdliyin.

Baginya jihad yang bisa dilakukan yakni memperjuangkan aspirasi masyarakat melalui jalur politik. Semua kehidupan masyarakat tidak luput dari keputusan politik. Salah satunya soal ekonomi, keagamaan, pendidikan, pemuda, olahraga, dan pertanian.

“Kita tahu betul semua itu tidak lepas dari keputusan politik. Sebab itu, kesejahteraan masyarakat ini harus kita perjuangkan melalui jalur politik dan keputusan-keputusan politik,” tutur Ketua MDS RA PC GP Ansor Kabupaten Cirebon itu.

Putra Deklarator PKB sekaligus pendiri Pondok Pesantren Tarbiyatul Banin itu juga menyatakan wajah Kab. Cirebon hari ini tergantung pada generasi mudanya. Maka kreativitas dan ide mereka harus diwadahi dengan baik untuk Kabupaten Cirebon yang lebih baik.

“Pemuda hari ini harus mulai terlibat dalam dunia politik. Jika kita tidak terlibat, Kab. Cirebon akan mengalami ketertinggalan perkembangan zaman. Pemuda hari ini adalah penentu arah pembangunan Kab. Cirebon yang akan datang,” tegasnya.

Pewarta: Iin Syamsul Arifin
Editor: Wandi Ruswannur