NGAJI NGABDI RABI. Tiga Prinsip Berkehidupan Ala Santri NU

365

Oleh : Faiz Ali
Perputaran zaman yang sangat cepat disebab kan Oleh pola pikir orang nya yang bagaimana mereka bergaul dan bersosial antar masyarakat lainya. Zaman yang serba modern pasti lambat laun akan berubah secara gerak aksident bagaimana dia melihat sesuatu. Minat kurang nya pemuda masa kini banyak disebabkan oleh lingkungan dan kurang nya didikan. (26/11/2019)

Berkaitan dengan santri masa kini ada beberapa sebab terjadinya perubahan (Gerak Aksident) diantara nya pola pikir santri sekarang karena perubahan jaman dan pengaruh sosial Masyarakat nya . Ada tiga prinsip Santri masa kini (Pemuda) pertama yaitu Ngaji yang berarti mencari sesuatu (Ilmu) . Dimasa sekarang banyak golongan yang berbeda faham dalam mengaji diatanan agama, karena nya kita sebagai santri atau pemuda harus sering Diskusi dibilang ilmu karena nya kitabbisa tahu minimal membedakan anatara kebenaran secara mutlaq dan kebenaran sesuai tingkatan.

Ketika Tahap pertama dalam prinsip berkehidupan sudah matang dan berlandaskan rasionalitas maka tahap kedua yaitu Ngabdi. Sebagai santri kita harus bisa bersosial berinteraksi antar sesama tanpa melihat agama atau perbedaan tetapi melihat dari sisi manusia nya, mengabdi dalam arti bermasyarakat mengabdikan diri untuk masyarakat membangun dan menggerakan masyarakat dalam tatanan pembangunan pola pikir masyarakat ke arah yang subtansial. Sering kali kita melihat pemuda atau Santri yang kurang dalam bersosial disebab kan karena perbedaan pendapat sehingga terjadinya sesuatu yang negatif, kita manfaatkan masyarakat dan prdayakan kerah yang positif sehingga tumbuh lah sumber daya manusia yang inovatif dan kreatif untuk membangun daerah nya.

Dua prinsip itulah yang harus kita pegang dan terapkan dalam jiwa untuk kekuatan bersama dalam menjaga dan melestarikan daerah nya, prinsip yang ketiga yaitu Rabi Yang berarti mempunyai seorang istri atau berubah tangga

Dalam penyempurnaan kehidupan atau penyempurna dalam jiwa tahap terakhir adalah mempunyai istri ( Berumah Tangga) , karenanya kita bisa fokus dan leluasa untuk semua nya ¾ agama Sudah didapat tatkala sudah menikah oleh sebab itu tahapan inilah yang harus kita kuatkan untuk membangun peradaban diatanan pengamalan ilmu.

Itulah tiga prinsip berkehidupan ala santri NU yang dianggap bergurau atau nyeleneh tapi bermakna karena itu lah semua nya ada tahapan dan harus disiplin dalam keilmuan.