Evaluasi PPG Daljab UIN Malang Komitmen Pertahankan Kelulusan di Atas 93%

84

Malang—Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai salah satu LPTK Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan berkomitmen menjaga kualitas dengan angka kelulusan di atas 93%.

Tekad itu disampaikan Dekan FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. Nur Ali, M.Pd pada kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan tahun 2022, pada Kamis (02/03) di di Hotel Surya Prigen Pasuruan.

Keberhasilan kelulusan 93% ini telah menjadikan UIN Malang menempati posisi 3 Besar Nasional dalam penyelengaraan PPG. “Saya mengapresiasi kinerja semua pihak, guru pamong, para dosen, LMS dosen pengajar, maupun para mahasiswa yang terlibat aktif dalam semua tahapan pelaksanaan PPG”, kata Nur Ali.

Guru Besar UIN Malang ini menekankan untuk menjaga proporsionalitas atas penerimaan mahasiswa PPG agar bisa mempertahankan angka kelulusan di atas 93% dan 3 besar secara nasional.

Ketua Project Managemen Unit (PMU) Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kemenag RI Ruchman Basori didaulat menyampaikan materi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru Melalui Pendanaan LPDP-Kemenag.

“Pendanaan PPG dari BIB Kemenag menjadi solusi alternatif dari keterbatasan APBN, karenanya harus dikelola dengan baik, akuntabel dan bervisi masa depan”, pesan Ruchman yang juga Kasubdit Ketenagaan, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis).

Ruchman meminta kepada LPTK UIN Malang untuk terus menjaga mutu dan kepatuhan terhadap pelbagai persyaratan dengan kerja professional.

Kandidat Doktor Manajemen Kependidikan Universitas Negeri Semarang ini menekankan bahwa misi BIB Kemenag adalah menyiapkan kader bangsa menyambut Indonesia Emas 2045, karenanya harus mampu melahirkan mahasiswa PPG menjadi guru professional, creatif dan inovatif di tengah dinamika pendidikan.

Dihadapan ratusan dosen dan guru pamong Ruchman berharap agar LPTK UIN Malang juga menghasilkan output profil guru yang moderat dan berwawasan kebangsaan yang kuat.

Kegiatan Evaluasi PPG Daljab Tahun Anggaran 2022, dimoderatori oleh Devi Pramitha, Dosen FITK UIN Malang dan dihadiri oleh Direktur PAI Drs. H. Amrullah, M. Si, Rektor UIN Malang Prof. Dr. H. Zainuddin, M.A, Ketua Senat UIN Malang Prof. Dr. A. Muhtadi Ridwan, M.Ag, Wakil Rektor IV Dr. KH. Isroqunnajah, M.Ag, Ketua Program Studi PPG Dr. M. Samsul Ulum, M.A dan sejumlah pejabat lainnya.(Humas UIN/RB)