Taman Belajar Al-Afifiyah Kota Bandung membagikan 7 Ton Beras untuk masyarakat dibulan Ramadhan 2022 ini

49

Ada banyak ragam kegiatan dan jenis ibadah bisa dilakukan dibulan suci Ramadhan ini, tidak hanya menjalankan ibadah berupa keshalehan ritual semacam Sholat fardhu dan sunnat, berdzikir serta membaca dan tadarrus Al-Qur’an tetapi juga penting melaksanakan ibadah berupa keshalehan secara sosial memberi manfaat langsung pada keluarga,tetangga dan masyarakat luas, apalagi di bulan Ramadhan pahala beribadah dan melakukan kebaikan itu mendapat balasan pahala berlipat ganda dari Allah SWT.

Seperti penjelasan KH.Wahyul Afif Al-Ghafiqi Pimpinan Taman Belajar Al-Afifiyah Kopo Cirangrang Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung Pada hari Senin,18 April 2022,di Aula Taman Belajar Al-Afifiyah ,jam 14.00WIB saat pembagian secara simbolis 7 Ton Beras untuk masyarakat yang memerlukan bantuan.

Acara pembagian beras tersebut dihadiri oleh anggota DPR RI H.Muhammad Farhan sejumlah tokoh dari Unsur Muspika Babakan Ciparay, unsur pimpinan Kecamatan, Kepolisian Babinkamtibmas ,Babinsa ,Dari Kelurahan serta RW.04 Cirangrang.
Tampak hadir juga para aktifis dan pimpinan sejumlah organisasi di Kota Bandung yang bekerjasama untuk terselenggaranya acara ini dari IPNU,IPPNU,PMII,KOPRI,KMNU,Fatayat,ANSOR, WPWA ,Syuban Lover Bandung raya,Komunitas Sinar Bento Dago,Karang Taruna Kaciri,serta para Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an atau Hafidz-Hafidzah.

Menurut pimpinan Al-Afifiyah ,KH.Wahyul Afif yang akrab dipanggil Kang Mako ini beliau juga menjelaskan bahwa kelompok lintas agama juga turut diajak terlibat dalam program berbagi beras ini.
“Program berbagi beras ini selain dari kaum muslimin kami juga melibatkan teman-teman dari Lintas Agama seperti dari Caritas Keuskupan Bandung,GKI Gunung Sahari dan lain-lain serta dari Masyarakat Tionghoa (INTI) Bandung dan para pemuda kreatif, yang peduli dan ingin berbagi untuk saudaranya sebangsa setanah air”.

Menurut Saeful Rohman ketua panitia acara berbagi beras saat sambutan dijelaskan bahwa beras yang berhasil dikumpulkan sejumlah 7 Ton lebih serta uang 35 Juta dan akan dibagikan ke berbagai wilayah seputar Kota Bandung,Kabupaten Bandung, Wilayah Garut Selatan, Kabupaten Bandung Barat bahkan untuk bantuan yang berupa uang dikirimkan untuk diadakan pembagian beras ke jejaring santri di daerah Jawa Timur ,Jawa Tengah dan Luar Jawa.

“Panitia yang terdiri dari para santri oleh Pak Kyai kami diajarkan agar kita tidak hanya pandai berceramah dan pidato saja tetapi harus bisa berbuat nyata bagi masyarakat meneladani Rasulullah SAW yang sholeh secara ritual dan juga sholeh secara sosial, telah lebih dari 10 tahun Al-Afifiyah dipercaya menyalurkan bantuan dari para dermawan ,tahun ini beras yang terkumpul 7 Ton dan uang 35 Juta,
uang dan beras itu akan dibagikan pada yang memerlukan di berbagai wilayah, tidak hanya diseputar Kota Bandung,tetapi juga di pedalaman desa-desa di pegunungan Kertasari Kabupaten Bandung,Dusun-dusun di Singajaya di kaki Gunung Gelap Garut Selatan, di daerah Rongga di Bandung Barat,juga di Jatim,Jateng,serta jejaring santri di Luar Jawa”.

Saiful Rohman atau kang Upuh mengatakan rangkaian acara hari ini untuk memperingati Nuzulul Qur’an atau turunnya Al-Qur’an dan ada khataman 30 Juz bersama para Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an.
“Rangkaian acara hari ini adalah peringatan Nuzulul Qur’an selain berbagi beras untuk 1000 Keluarga yang memerlukan kami juga mengadakan khataman Al-Qur’an 30 Juz bersama para 15 orang Mahasiswa Hafidz-Hafidzah,setelah itu buka puasa bersama santri dan masyarakat”.

Salah seorang penerima bantuan secara simbolis yakni Hendi Nugraha merasa sangat bersyukur dengan adanya bantuan beras ini.

“Saya senang sekali dapat bantuan beras dibulan ramadhan ini,semoga para dermawan mendapat limpahan berkah dan rejeki dari Allah SWT.” tutur Hendi.

(ditulis oleh sandi dan krisna santri Al-Afifiyah)