Rangkul Pemuda; PC GP Ansor Kabupaten Sukabumi Kembali Gelar PKD di Kecamatan Sukaraja

147

Rangkul Pemuda; PC GP Ansor Kabupaten Sukabumi Kembali Gelar PKD di Kecamatan Sukaraja

Seminggu yang lalu, setelah melaksanakan Pelatihan Kader Dasar (PKD) di Kecamatan Surade PC GP Ansor Kab. Sukabumi kembali melanjutkan agenda pengkaderan. Kali ini kegiatan kaderisasi tersebut dilaksanakan di wilayah IV (empat), tepatnya oleh PAC GP Ansor Kec. Sukaraja yang bertempat di sekretariat MWC NU Kec. Sukaraja Kab. Sukabumi.
Dalam rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 12-13 September 2020 itu dibuka secara resmi pada pukul 11.00 WIB. oleh Ketua PC GP Ansor Kab. Sukabumi Sahabat Farhan Zayyid, SE. MM. Dengan jumlah tamu undangan yang hadir sebanyak 87 orang yang terdiri dari ketua Tanfidziyah dan Sekjen MWC NU Kec. Sukaraja, Ranting NU Desa Selawangi, Ketua Tanfidziyah Ranting NU Desa Sukamekar, Kapolsek, Koramil, Camat, aparat Desa Selawangi, jajaran pimpinan cabang, para ketua PAC GP Ansor dan peserta PKD berikut narasumber yang mengikuti acara dengan khidmat.

Ditengah kegiatan hadir pula Kutua PW Ansor Jaba Barat, Sahabat Deni Ahmad Haidari menyampaikan materi sekalikus pesan dan arahan memgenai bagaimana mestinya bergerak di Gerakan Pemuda Ansor.

Di sadari bahwa Keberlangsungan kegiatan PKD yang memang masih dalam keadaan masa Pendemi dan penyebaran Virus Covid 19 ini menjadi tantangan sekaligus perhatian khusus panitia dalam meramu kegiatan agar tetap memperhatikan prosedur kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, yakni dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak, menggunakan hand sanitizer, test suhu badan dan lain-lainnya. Namun tidak mengurung niat dan semangat kaderisasi dari sahabat-sahabat panitia PAC GP Ansor Kec. Sukaraja. Hal ini senada dengan statement Ketua PAC GP Ansor Kec. Sukaraja Sahabat Dadan Muhammad Suja’i dalam laporan pertanggung jawaban kegiatan tersebut, “walaupun pelaksanaan PKD yang masih di tengah pendemi, perhatian khusus terhadap prosedur kesehatan akan tetap dijalankan sebagaimana mestinya”. Demikian juga ia menegaskan, “tidak akan menjadi penghalang kami dalam menyelenggarakan kegiatan ini dan menurunkan semangat kaderisasi, maka dari itu untuk sahabat-sahabat yang hendak bergabung dalam mengkhidmatkan diri di NU dan GP Ansor haruslah menjadi kader-kader yang memiliki militansi yang tinggi terhadap organisasi, yang ideologis dan berkarakter Ahlussunnah wal Jama’ah”. Pungkasnya.

Kemudian, dengan penegasan yang searah pulah disampaikan oleh Ketua Tanfidziyah MWC NU Kec. Sukaraja bahwa “jadilah kader-kader muda NU yang rahmatan lil Alamiin dan menjaga muru’ah organisasi”.
Selanjutnya, Ketua PC GP Ansor Kab. Sukabumi Sahabat Farhan Zayyid, SE. MM. sangat mengapresiasi PAC GP Ansor Kec. Sukaraja yang telah mampu melakukan PKD ditengah Pendemi yang membutuhkan keseriusan dan kerja keras. Paparnya dalam sambutan pembukaan “Organisasi kita butuh keseriusan, butuh pengkhidmatan, sebab gerakan di Ansor tidak ada honor (dibiayai pemerintah) malah yang ada kita mengeluarkan keuangan pribadi maka khidmat dan ta’zdim serta kecintaan kepada NU dan Ulama-ulama menjadi kunci”. Kemudian menuturkan, “Kaderisasi kita yang fokus menyiapkan kader-kader terbaik dikalangan pemuda untuk menjadi kader NU baik secara jam’iyah maupun jama’ah di kecamatan masing dalam ruang lingkup Kabupaten Sukabumi secara administratif organisatoris”. “Kita adalah penerus perjuangan salafus sholih, penerus perjuangan guru dan ulama kita. Bergerak dan berjuang tidak terlepas dari tiga hal yakni; amaliyah Ahlussunnah wal Jama’ah, fikroh an-nahdiyah dan harokah an-nahdiyah. kita akan mengawal ketiga hal ini ditengah pertarungan ideoligi-idealogi baik di level nasional maupun transnasional yang kian lama semakin menunjukan diri dipermukaan bahkan secara terang-terangan. bahkan tanpa di sadari media sosial kini mereka sudah menguasai dengan framing dan ideologi mereka, tentu dengan mudah menyebarkan pemahaman mereka ditengah kecepatan teknologi yg tersedia. Maka dari itu kita jangan diam melihat realitas yang demikian, kita harus berani menyuguhkan wacana seputar tiga hal tersebut disemua bidang terkhusus mendia sosial”. Jelasnya.

Adapun peserta yang mengikuti Pelatihan Kader Dasar (PKD) sampai dengan dibai’at dan sah menjadi anggota GP Ansor Kab. Sukabumi sebanyak 56 0rang.

comments