PP Ansor: Kota Bandung Bisa Jadi Contoh Baik

53

PP Ansor: Kota Bandung Bisa Jadi Contoh Baik

Pengurus Pempinan Pusat (PP) GP Ansor yang juga Koordinator Wilayah Jawa Barat, Ahmad Syarif Munawi mengapresiasi geliat kaderisasi yang dilaksanakan oleh Pengurus Cabang (PC) Ansor Kota Bandung. Menurutnya, Ansor Kota Bandung bisa menjadi contoh cabang yang lain di Indonesia yang memiliki karakteristik sama di perkotaan.

“Ansor Kota Bandung kami melihat jadi uswatun khasanah atau contoh yang baik bagi PC Ansor yang punya karakteristik sama,” kata Syarif saat menghadiri dan menjadi pembicara dalam acara Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Ansor dan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Banser Kota Bandung, Selasa (31/12/2019).

Menurut Syarif, sebagai cabang di wilayah perkotaan, Ansor Kota Bandung dianggap mampu menyesuaikan metode dan segmentasi dalam kaderisasi. Jika biasanya Ansor identik di daerah dengan basis pesantren, namun di Kota Bandung berhasil mengajak mahasiswa atau pemuda perkotaan untuk bergabung di GP Ansor.

“Ansor identik di daerah dengan basis pesantren. Untuk di Kota dan kaum urban perkotaan, seperti Kota Bandung, sebuah prestasi kaderisasi lewat PKD dan Diklatsar berjalan masif. Kalau di basis itu wajar dan harus. Di Kota Bandung, Ketua PC mampu membangun dan mengembangkan struktur di PAC dan Ranting,” tambah Syarif.

Syarif mengingatkan kepada kader Ansor Kota Bandung, jika Ansor didirikan oleh KH. Wahab Hasbullah agar senantiasa mencintai nabi. Untuk itu ia mengimbau agar kader Ansor kota Bandung senantiasa menjaga ahlak speerti yang nabi contohkan, dan berusaha untuk terus mewujudkan cita-cita Nabi Muhammad SAW.

“Seorang yang mencintai (Rosululloh), maka ingin mewujudkan cita-citanya. Yaitu menjadikan Islam sebagai Rohmatan lil alamin. Nabi juga diutus ke dunia untuk menyempurnakan ahlak. Jangan sampai kader ansor menampilkan ahlak yang tidak sesuai. Termasuk di medsos,” katanya.