PERINGATAN HSN 2019 Forum Pondok Pesantren dan GP Ansor Kab. Tasikmalaya Menyelenggarakan Seminar Literasi Kitab Kuning

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2019 pemerintah daerah Kabupaten Tasikmalaya melalui Forum Pondom Pesantren (FPP) Kab. Tasikmalaya menyelenggarakan Seminar Literasi Kitab Kuning (Sabtu, 12/10). Pada pelaksanaannya kegiatan yang bertema (Pengembangan intelektual Santri melalui tradisi “ngalogat” kitab kuning) ini bekerja sama dengan Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Tasikmalaya dan bertempat di Wisma Haji Kabupaten Tasikmalaya.

Seminar ini dihadiri oleh lebih dari 200 orang santri dan Mahasiswa se-kabupaten Tasikmalaya. Hadir sebagai narasumber pada kegiatan seminar ini adalah Kiyai Ali Abd. Holik salah satu Kiyai Muda Kabupaten Tasikmalaya yang juga menjabat sebagai wakil ketua GP. Ansor Kab. Tasikmalaya. Menurutnya, “Kegiatan ini sangat penting diselenggarakan untuk menambah wawasan dan menekankan kembali betapa pentingnya Kitab Kuning sebagai rujukan kajian di Pesantren”

Dalam mengkaji kitab kuning santri harus melestarikan tradisi “ngalogat”. Dalam pemaparannya, Kiyai Ali menjelaskan bahwa “Ngalogat itu merupakan bagian dari analisa teks kitab kuning dengan memperhatikan aspk leksikal dan gramatikal” sehingga akan sangat membantu para santri untuk memahami makna yang dimaksudkan.

Selain itu, sahabat Husni Aziz M. Mubarok, M.Pd yang juga hadir sebagai moderator ikut menambahkan bahwa “Kegiatan ini diselenggarakan untuk menekankan kepada semua santri khususnya di Kabupaten Tasikmalaya bahwa tradisi ngalogat kitab kuning merupakan warisan para ulama kita yang sudah terbukti berhasil meningkatkan intelektual keislaman santri secara baik dan benar”

Dengan diselenggarakan kegiatan ini, harapan kepedan Semoga kajian kitab kuning terus disosialisasikan ke tengah masyarakat agar kitab kuning tetap bisa terjaga sebagai khazanah kajian Islam di Pondok Pesantren.