PENYULUH AGAMA ISLAM BERSAMA MUSLIMAT NU ADAKAN PEMBINAAN MAJELIS TAKLIM

76

PENYULUH AGAMA ISLAM BERSAMA MUSLIMAT NU
ADAKAN PEMBINAAN MAJELIS TAKLIM

Pada hari kamis, 18 Februari 2021 Penyuluh Agama Islam bekerjasama dengan Muslimat NU kecamatan Palimanan kabupaten Cirebon menyelenggarakan acara pembinaan dan penyerahan izin operasional Majelis Taklim. Tidak kurang dari 15 kelompok Majelis Taklim yang tersebar di wilayah kecamatan Palimanan mendapatkan pembinaan langsung dari Kepala KUA Mugni Ali,M.H, Penyuluh Agama Islam Fungsional H.Karyono Supriyono,M.Pd.I dan Ketua Muslimat NU Kec.Palimanan Kabupaten Cirebon Dra.Hj.Ipah Urifah, M.Ag yang dilaksanakan di Musholla Al Wafa Kantor Urusan Agama Setempat.
Hadir dalam acara tersebut Kepala KUA, Penyuluh Agama Islam Fungsional, Penyuluh Agama Islam Non PNS, Seluruh Staf KUA serta Ketua dan Sekretaris dari Masing-masing majelis taklim. Kepala KUA dalam sambutanya mengatakan masih membuka lebar kesempatan kepada majelis taklim yang belum terdaftar untuk segera mendaftarkan diri di KUA setempat dengan persyaratan mudah dan tanpa biaya alias gratis. Setiap pengajuan pendaftaran yang dilengkapi persyaratan akan langsung diproses di KUA dan Kemenag.
Sementara dalam Pembinaannya Penyuluh Agama Islam Fungsional Mengatakan Kegiatan ini digelar sebagai respon dan Implementasi dari keluarnya Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 29 Tahun 2019 tentang Majelis Taklim. “Tujuan dari dikeluarkannya PMA ini adalah untuk menguatkan Majelis Taklim itu sendiri. Sebab, majelis taklim memiliki peran strategis untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran Agama Islam serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesis (NKRI),” Papar Karyono.
Dia menambahkan, keluarnya PMA tentang Majelis Taklim dimaksudkan agar ke depan majelis taklim bisa lebih diperhatikan terutama dari keuangan. Jika selama ini majelis taklim hanya urunan dari para jamaahnya, ke depan bisa saja ada bantuan pembinaan dari pemerintah daerah.
Masih menurut Karyono, Majelis taklim merupakan suatu institusi dakwah yang menyelenggarakan pendidikan agama yang bercirikan non-formal. Mengelola majelis taklim pada zaman sekarang ini memerlukan ilmu dan keterampilan manajemen. Pengurus majelis taklim harus mampu menyesuaikan diri dengan riak perkembangan zaman. Metode/pendekatan, perencanaan, strategi, dan model evaluasi yang dipergunakan dalam manajemen modern merupakan alat bantu yang juga diperlukan dalam manajemen majelis taklim modern. Untuk itu disinilah pentingnya mempelajari administrasi majelis taklim, atau sekurang-kurangnya menerapkan administrasi praktis di dalam mengelola majelis taklim di daerah masing-masing.
Selanjutnya Ibu Hj.Ipah dalam pengarahannya mengucapkan terima kasih telah membangun kerja sama yang baik dari Pihak KUA dan Penyuluh Agama dengan Ibu-ibu yang tergabung pada wadah Muslimat NU kecamatan Palimanan, karena ternyata ada program yang sinergi dan sejalan terkait dengan perkembangan Majelis taklim ini.Pungkasnya.

Selain itu di akhir acara Pembinaan dilanjutkan dengan penyerahan Serifikat Izin Operasional / Statistik Majelis Taklim se wilayah kecamatan Palimanan kabupaten Cirebon. Penyerahan dilaksanakan secara khidmat dihadiri seluruh pegawai KUA dan penyuluh Agama Non-PNS.

comments