Pemerintah Kabupaten Ciamis Serahkan Paket Bantuan Power Thesher kepada 100 Gapoktan

Pemerintah Kabupaten Ciamis Serahkan Paket Bantuan Power Thesher kepada 100 Gapoktan

Ciamis, pwansorjabar.org -Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, hadiri acara serah terima bantuan hibah “Power Thesher” atau Mesin Perontok Padi, dari Pemerintah Kabupaten Ciamis, melalui PC GP Ansor Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut berlangsung di Pondok Pesantren Mambaus Solihin, Desa Cintaratu, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Senin (28/12/2020).
Kegiatan tersebut mengusung thema “Pemberdayaan Masyarakat Tani melalui Pengembangan, dan Pemanfaatan Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Untuk Meningkatkan Produktifitas Hasil Pertanian di Kabupaten Ciamis”.
Hadir dalam acara tersebut yaitu Ketua PC GP Ansor Kabupaten Ciamis Maulana Sidik, Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S Sos MAP, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis Slamet Budi Wibowo, SP MSi, Camat Lakbok Wiwik Dewikoraningsih, SH MSi, Anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Fraksi PPP Ayi Didin Nuryadin, MPd, Anggota DPRD Kabupaten Ciamis Fraksi PKB Nopi Zaenudin, para Ketua Gapoktan serta Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PKB Johan Jauhari Anwari.
Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, mengungkapkan bahwa bantuan ini salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Ciamis, kepada para petani di wilayah Kabupaten Ciamis.
“Ada sebanyak 100 Gapoktan, di wilayah Kabupaten Ciamis, yang mendapatkan bantuan hibah mesin perontok padi (Power Thresher) ini,” ujarnya.
Lanjut Yana, dengan bantuan alat tersebut diharapakan dapat memudahkan pekerjaan para petani saat panen tiba.
“Petani tidak repot lagi menghempas padi, cukup memasukkan padi yang sudah diarit ke dalam mesin dan menghasilkan gabah besih,” katanya.
Yana berharap, kelompok tani (Gapoktan) penerima bantuan alat perontok padi ini untuk dapat menjaga dan merawat alat tersebut dengan baik untuk kepentingan kelompok dan masyarakat pada umumnya.
Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi PKB Johan Jauhari Anwari, yang juga merupakan Sekjen PW Ansor Jawa Barat, mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kepada PC Ansor Kabupaten Ciamis, terhadap program penyaluran bantuan hibah mesin perontok padi ini.
“Apalagi kita ketahui bersama, bahwa mesin perontok padi ini adalah hasil buah karya kader – kader Ansor, yang ada di wilayah Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis,” kata Johan.
“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan hibah alat perontok padi, petani tidak lagi bersusah payah, dapat menghemat waktu, efektif dan efesien, serta mudah-mudahan kedepannya bantuan alat mesin perontok padi ini bisa ditambah, 1 Dusun, 1 buah mesin perontok padi harus ada,” harapnya.

comments