Masyarakat Kaplongan Adakan Pawai Obor Menyambut Ramadhan

Kegiatan pawai obor diselenggarakan masyarakat desa Kaplongan, kegiatan dilaksanakan di jalan desa kaplongan kecamatan kedokanbunder kamis tanggal 31 maret 2022. Kegiatan diprakarsai oleh pemuda blok karangponcol RT 12, diikuti oleh masyarakat desa Kaplongan dari RT 1-12.

“Pawai obor menyambut datangnya bulan suci ramadhan sekarang menjadi rutinan setiap tahun. Pawai obor juga menjadi media silaturrohim antar warga desa kaplongan dimana setiap RT, RW mengirimkan kreasinya.” Ujar Amin Hidayat Sekretaris Upzis NU Care LAZISNU Kecamatan Kedokanbunder

Pawai obor untuk menyambut Ramadan digelar warga kaplongan, anak-anak tampak riang gembira mengikutinya. Tradisi atau budaya yang dipercaya dan dijalankan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat kaplongan dalam merayakan datangnya bulan suci ramadhan, sebagai filosofi untuk membakar semangat juang, meningkatkan kualitas dan kuantitas Ibadah kepada Allah SWT.

Berbagai usia tumpah ke jalan untuk merayakan menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Makna yang dapat di ambil dari pawai obor sendiri adalah mengajak masyarakat meninggalkan kegelapan (hal buruk) menuju cahaya (kebaikan).

Kegiatan titik kumpul dimulai di halaman balaidesa kaplongan kecamatan kedokanbunder kabupaten Indramayu dimulai dengan do’a bersama, pawai mengelilingi desa kaplongan