Malam Natal, Satkorcab Depok Terjunakan Puluhan Banser

31

Satuan Koordinasi Cabang ( Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna, Nahdatul Ulama, (Banser-NU), Kota Depok terlibat pengamanan dalam perayaan malam Natal, Selasa malam, 24 Desember 2019.

Panglima Tinggi Banser Kota Depok, Abdul Kodir mengatakan, pada prinsipnya Banser Depok melaksanakan amanah dan dintruksikan dari Pimpinan Pusat.

“Banser ikut siaga pada malam natal. Tujuan utama, untuk memberikan rasa aman kepada saudara kita umat kristiani yang akan mengadakan ibadah, mulai malam natal hingga waktu ibadah. Giat ini tindaklanjut intruksi pusat, ” kata Abdul Kodir, Selasa, 24 Desember 2019.

Lebih dari itu dia menerangkan, melakukan patroli titik-titik Gereja yang berada di Kecamatan-Kecamatan Kota Depok.

“Kita tugaskan tujuh puluh anggota Banser. Kita sebar ditiap Kecamatan yang ada tempat ibadah Nasrani. Patroli dimulai pukul 19.00 sampai acara ibadah Natal selesai, ” kata dia.

Sebenarnya, lebih lanjut Kodir, tidak ada permintaan khusus kepada Banser dari pihak manapun, termasuk pihak Gereja. Diakui kegiatan pengamanan ini murni panggilan kemanusiaan, berpartisipasi saling memberi kenyamanan dalam ibadah di Depok.

Sementara, pihak keamanan Pemerintah Kota Depok memetakan pengamanan, dan melibatkan 1.065 personel gabungan. Petugas terdiri dari Kepolisian, Tentara Nasional Indonesia.

Kapolres Metro Depok AKBP Azis Andriansyah menuturkan, perayaan malam Natal mengaktifkan pengamanan Swakarsa, yang terdiri dari elemen masyarakat dan internal gereja.

“Kami menyiasati dengan melibatkan kewilayahan (PAM Swakarsa), dan membagi personel melihat banyaknya tempat ibadah umat Nasrani di Depok. Terhitung, ada kurang lebih ada 143 gereja,” ucap Aziz Senin, 23 Desember 2019.