LPDP-Kemenag Danai PPG Tingkatkan Profesionalitas Guru

7

Palu—Kemententerian Agama berkolaborasi dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mendanai Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan sepanjang tahun 2022 untuk 11.000 orang.

Hal itu diungkapkan Ketua Projec Managemen Unit (PMU) Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kemenag RI, Ruchman Basori pada kegiatan Penguatan Tata Kelola Keuangan Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Batch 3 LPTK UIN Datokarama Palu, pada Senin (23/1).

LPDP berkolaborasi dengan Kemenag memberikan beasiswa baik degree maupun non degree, yang oleh Kemenag diberi nama Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB). “PPG adalah satu diantara program yang dibiayai oleh LPDP sebagai ikhtiar peningkatan kualitas, kapasitas dan profesionalitas guru di bawah Kemenag”, kata Ruchman.

“Pada tahun anggaran 2022, kurang lebih 11.000 Guru Madrasah dan Guru PAI pada Sekolah mendapat manfaat mengikuti PPG Dalam Jabatan atas biaya LPDP”, terang Alumni UIN Walisongo Semarang ini.

Dihadapan 60-an Dosen Penguji dan Guru Pamong PPG, Ruchman berharap agar penyelenggaraan PPG Daljab semakin professional dan manfaatnya dirasakan oleh para guru yang saat ini antri panjang.

Rektor UIN Datokarama Palu Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd dalam sambutannya mengatakan UIN Datokarama palu sebagai LPTK secara serius menyelenggarakan PPG agar para guru mengerti tugas dan kewenangannya sebagai pendidik.

Sagaf menegaskan urusan kualitas menjadi hal yang penting dan kita semua harus berkomimen. “Semoga mahasiswa PPG yang dikelola UIN Palu memiliki prestasi dan kualitas melebihi standart yang ditetapkan Kemenag”, katanya.

Guru Besar UIN Palu ini berharap ke depan UIN Palu diberikan kesempatan menjadi Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) Beasiswa Indonesia Bangkit, sehingga mmapu menjaring mahasiswa untuk studi S2 dan S3 di Wilayah Timur Indonesia.

Sementara itu Dekan FITK Askar mengatkan LPTK FITK UIN Datokarama Palu adalah satu diantara LPTK yang diberikan mandat oleh Kemenag menjadi tempat penggodokan para guru, agar nantinya tumbuh menjadi guru transformative.

“Kehadiran Ketua PMU BIB Kemenag Ruchman Basori sangat penting untuk menjelaskan tata keola pendanaan LPDP-Kemenag sekaligus proyeksi PPG di tahun yang akan datangh”, kata Askar.

Hadir dalam kegiatan Tata Kelola Keunagan PPG LPDP-Kemenag, Wakil Rektor 1 Abidin Jakfar, Wakil Rektor II Kamaruddin, Wakil Rektor III Mohammad Idhan, Dekan FITK Askar, Para Wakol Dekan, Ketua Prodi PPG dan pejabat lainnya.(Humas/RB)