Lomba Pildacil, Tahfidz, dan Cerdas Cermat Meriahkan Semarak Maulid Nabi Masjid Jami Al-Barokah Kaplongan

43

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Barokah Kaplongan, Indramayu gelar peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw dengan mengadakan perlombaan Pidato Anak Ciliki (Pildacil) Tahfidz, dan Cerdas Cermat, Rabu (26/10).

Perayaan Maulid tersebut dihadiri oleh panitia, pengurus DKM Masjid Jami Al Barokah, Pamong Desa Kaplongan, dan tokoh masyarakat lainnya.

Perlombaan tersebut diperuntukan hanya untuk anak-anak tingkat RA/TK dan SD/MI se-Desa Kaplongan

Panitia Acara, Amin Hidayat mengatakan tujuan diselenggarakannya perlombaan ini untuk melatih skil anak sedari dini

“Melatih anak untuk dapat mulai berpikir kritis, memecahkan masalah, dan belajar mengambil keputusan,” ujar pria yang aktif berkhidmah sebagai Sekretaris UPZIS NU Care Lazisnu, Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu ini.

Selain itu lanjutnya, untuk menumbuhkan semangat anak-anak dalam membangun dan melatih kepercayaan diri.

“Melatih kemampuan anak dalam berhubungan dengan orang lain dan lingkungan baru. Anak mengikuti perlombaan tidak hanya mengembangkan kemampuan intelektual.

Lomba juga mengasah softskill anak, misalnya menerima kekalahan, bersikap sportif, belajar disiplin, dan saling menghormati antar peserta lomba,” katanya.

“Kompetisi membantu anak-anak belajar bahwa tidak selalu yang terbaik atau terpandai yang berhasil, tetapi mereka yang bekerja keras dan bertahan, anak yang terlibat dalam perlombaan bisa memperoleh keterampilan sosial karena adanya interaksi dengan anak-anak lain,” imbuhnya.