IPNU SEBAGAI WADAH MENCETAK KADER AQIDAH, ILMU DAN ORGANISASI

IPNU SEBAGAI WADAH MENCETAK KADER AQIDAH, ILMU DAN ORGANISASI

(Oleh : Riyan Haqi Khoerul Anwar)
IPNU adalah wadah perjuangan Pelajar NU untuk mensosialisasikan komitmen nilai-nilai keislaman, kebangsaan, keilmuan, kekaderan, dan keterpelajaran dalam upaya penggalian dan pembinaan kemampuan yang di miliki sumber daya anggota, senantiasa mengamalkan kerja nyata demi tegaknya ajaran islam ahlisunnah waljama’ah dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.
Definisi diatas adalah Hakikat IPNU yang tertuang dalam Ad/Art IPNU, sehingga pelajar NU tentu harus berpedoman kepada hakikat IPNU tersebut, meskipun boleh mendefinisikan IPNU berdasarkan argumentasi masing-masing. IPNU hari ini bagaimana mampu menjawab tantangan zaman yang hari ini semakin kompleks dengan permasalahan dan tantangan. Dengan wawasan keilmuan keagamaan, teknologi yang luas maka akan membuat kita semakin bijak dan dewasa, karena semakin berilmu maka akan semakin tunduk tatkala dibarengi ilmu tersebut dengan akhlak. Akhlak adalah bunga diri yang akan menjadi sikap seorang kader mengenalkan identitas dirinya sebagai kader IPNU, ketika akhlak nya baik maka IPNU pun terbawa baik, dan sebaliknya ketika akhlaknya tercela maka IPNU pun ikut tercemar dan terdengar kurang baik di pandangan orang-orang banyak.
IPNU memiliki 3 fungsi ; 1). Sebagai wadah mencetak kader Aqidah 2). Sebagai wadah mencetak kader Ilmu dan 3). Sebagai wadah mencetak kader Organisasi. IPNU menjadi wadah untuk mencetak kader yang beraqidah ahlissunnah waljama’ah annahdliyyah, berpedoman kepada imam tauhidnya yaitu Abu Hasan Al-Asy’ari dan Imam Abu Mansur Al-Ma’turidi, kepada Imam-imam Fiqihnya yaitu Imam Hanafi, Imam Maliki, Imam Syafi’I dan Imam Ahmad bin Hambal, Kepada Imam Tasawufnya yaitu Abu Qosim Junaedi Al-Bagdhadi, Imam Ghazali dan Imam Sayid Abdullah Alawi Al-Hadad. IPNU juga menjadi wadah mencetak kader Ilmu, berwawasan luas, memiliki keilmuan keagamaan yang mumpuni, sadar dan melek teknologi di era revolusi industry 4.0 ini.
IPNU pun menjadi wadah mencetak kader Organisasi, mampu mengemas kegiatan dengan baik, komunikasi dengan berbagai pihak, sehingga terjalin keharmonisan antar sesama kader, dan stackholder yang berkaitan.
Berproses di IPNU lah kita mampu menjadi manusia yang berkualitas, memberikan manfaat terhadap sesama serta mendapatkan keberkahan dengan hati yang ikhlas niat yang baik khidmat kepada ulama ulama Nahdlatul Ulama.

comments