Ingin Cetak Kader Perwira, GP Ansor Sumedang Gelar PKL dan Susbalan

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sumedang melaksanakan Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) dan Kursus Banser Lanjutan (Susbalan). Kegiatan yang akan berlangsung selama 4 hari ini (4 – 7 Agustus 2022) akan digelar di Aula PCNU Kabupaten Sumedang dan Aula Kementerian Agama Kabupaten Sumedang.

Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Sumedang, Acep Komarudin Hidayat, dalam sambutannya mengatakan bawah kegiatan PKL dan Susbalan ini merupakan kegiatan pertama kali yang dilakukan oleh PC GP Ansor Kabupaten Sumedang. Salah satu hal yang mendasar terselenggaranya kegiatan ini yaitu karena kebutuhan akan adanya kader Ansor dan Banser Kabupaten Sumedang di tingkat lanjut.

Sebagaimana kita maklumi bahwa tingkatan kaderisasi di Ansor itu dimulai dari Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD), dilanjutkan dengan Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL), dan terakhir ada Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN), lanjut Acep.

Sementara tingkatan kaderisasi di Banser dimulai dari Pendidik Latihan Dasar (Diklatsar), dilanjutkan dengan Kursus Banser Lanjutan (Susbalan), dan yang terakhir Kursus Banser Pimpinan (Susbanpim).

Di Kabupaten Sumedang dari dulu sampai sekarang mungkin sudah ribuan yang sudah mengikut PKD dan Diklatsar. Tapi tingkat kaderisasi awal tersebut hanyalah proses pengenalan awal apa itu Ansor dan apa itu Banser, tanpa mengetahui konsekuensi lebih jauh apa yang harus diemban oleh anggota.

Terus kenapa GP Ansor Sumedang harus mengadakan PKN dan Susbalan? Lanjut Acep. Karena GP Ansor Sumedang ingin mencetak kader-kader perwira. Lulusan PKL dan Susbalan levelnya sudah tingat dua.

Selain itu, kami mengharap lulusan PKL dan Susbalan ini kedepannya menjadi agen-agen atau menjadi kader-kader yang bisa menyebarkan semangat dan tujuan dari organisasi yang kita cintai ini. Bukan sebaliknya, malah menjadi beban organisasi.

Kader Ansor ini dididik dan dilatih supaya menjadi solusi terhadap permasalahan-permasalahan, serta membantu supaya bisa mencapai tujuan organisasi. Hadirnya GP Ansor Sumedang harus bisa memberikan manfaat untuk masyarakat umum, khususnya masyarakat yang ada di Sumedang, tutup Acep. (Ayi Abdul Kohar)