Haul ke 13 Abah Usman Yahya Berlangsung Hidmat

140

Cirebon- Haul Al-Alamah Al-Maghfurlah Shohibul Fadhillah Wal Barokah Allahu Yarham KH. Syarif Usman Bin Muhammad Bin Yahya (Abah Ayip Usman) yang ke-13 yang digelar oleh Yayasan Pondok Pesantren Khatulistiwa Kempek , Kecamatan Gempol Kab Cirebon Jawa Barat , dari Sabtu-Ahad, 24-25 Juni 2023 M berlangsung hidmad.

Santri dan alumni Pondok Pesantren Khatulistiwa yang terletak di gerbang arah menuju Kempek itu telah berkumpul sejak sehari sebelum haul. Puncak Haul digelar pada hari Minggu Pukul : 13.00 wib s/d selesai.
Acara haul berlanjut dengan Pembacaan Rotib wal Maulid Nabi SAW Pukul : 20.00 wib s/d selesai.Tempat acara di Yayasan Khatulistiwa Pondok pesantren kempek desa Kempek kec. Gempol kab. Cirebon.
Ribuan jamaah hadir mengikuti prosesi haul ini dengan khusus dan penuh kehidmatan untuk mengenang Abah Ayip Usman. Ia adalah sosok habib yang sangat ‘alim, faqih, muharrik, dan munadhdhim, tapi tetap rendah hati (tawadlu’).

Selain pengasuh Pesantren Kempek, Almaghfur lahu KH Syarif Usman Yahya ini juga pernah jabat Rais Syuriyah PCNU Kab Cirebon, Pengurus DPP PKB zaman Gus Dur, anggota DPR/MPR awal Reformasi, tapi beliau juga bergaul dengan semua kalangan agama dan kepercayaan, termasuk Ahmadiyah dan Syiah, bahkan juga tukang becak, petani, nelayan, dan buruh, terutama mereka yang tertindas.

Rumahnya di Pesantren Kempek adalah melting pot dari gagasan kritis progresif kaum muda, kalangan tertindas yang butuh pengayoman dan advokasi, serta kalangan pesantren yang gelisah. Tiap hari tidak pernah sepi dari tiga komunitas ini. Kadang datang sendiri-sendiri, kadang bertemu bersama, intinya berdiskusi dan meminta fatwa dari Abah Ayip Usman.
KH. Syarif Usman Yahya meninggal pada hari Ahad sore (7/11/2010) pukul 15.45 pada usia 68 tahun di Rumah Sakit Sumber Waras, Cirebon, Jawa Barat. (***) Aji Setiawan