“Guyuran Hujan Sertai 71 Peserta PKD dalam Pembai’atan”

124

“Guyuran Hujan Sertai 71 Peserta PKD dalam Pembai’atan”

Gerakan Pemuda Ansor Kab. Sukabumi secara sah kembali membai’at 71 peserta yang telah mengikuti rangkaian kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) PAC GP Ansor Kec. Warungkiara yang dilaksanakan di Yayasan Darussyifa Kp. Kedung Ds. Hegatmana Kec. Warungkiata Kab. Sukabumi.
Rangkaian kegiatan yang dibuka pukul 11.00 WIB pada hari Sabtu-Minggu, 10-11 Oktober 2020 ini digerakkan oleh PAC GP Ansor Kec. Warungkiara dengan Tema: “Membentuk Kader Ansor Yang Militan dan Teguh Memegang Fikroh An-Nahdliyah dalam Merespon Dinamika Sosial”, diharapkan dapat menjadi jalan pembuka atau titik awal untuk menggerakkan dan meneruskan perjuangan para Guru dan Ulama serta mampu menjadi penengah sekaligus penenang dalam dinamika kemasyarakatan (sosial) juga dapat menjadi peneduh kegaduhan pemahaman yang perkembang dilingkungan keseharian.
Dalam sambutan dan laporan kegiatan tersebut, Sahabat Sofyan selaku ketua PAC GP Ansor Kec. Warungkiara mengatakan bahwa “syukur alhamdulillah dengan usaha dan dukungan dari semua pihak baik itu pengurus PAC, dorongan dan suport dari PC GP Ansor dan para guru serta MWC NU Warungkiara kegiatan dapat direalisasikan, lebih lanjut ia mengaskan bahwa bukan hanya PKD ini saja namun kedepan akan terus melakukan kaderisasi yang akan lebih masif lagi. walaupun ditengah pendemic covid 19, gerakan dan perkumpulan dibatasi namun kegiatan ini dapat terselenggarakan”, pungkasnya.
Selanjutnya, arahan dan sekaligus membuka kegiatan tersebut oleh Rois Syuriah MWC NU Kec. Warungkiara KH. Lukman Hakim, yang sangat mengapresiasi kepada GP Ansor yang mampu melakukan kaderisasi di Kec. Warungkiara. “kami dari jajaran MWC NU sangat menyambut kegiatan ini, menyambut baik dan sangat mengapresiasi atas inisiatif pengurus PAC GP Ansor Kec. Warungkiara dan PC GP Ansor Kab. Sukabumi untuk melakukan pengkaderan di Warungkiara”. Tutur Beliau.
Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) GP Ansor merupakan Kaderisasi Formal tahap pertama dalam sistem pengkaderan Ansor dengan tujuan menanamkan Nilai-nilai ke-Islaman dan ke-Indonesiaan demi terwujudnya kader penggerak GP Ansor tingkat anak cabang dan ranting yang memiliki kapasitas dan kemampuan yang handal. Sehingga siap mengawal dan menjadi dinamisator organisasi GP Ansor di tingkat PAC dan pimpinan ranting.
Maka keseriusan mengikuti kegiatan ini menjadi penting karena pintu atau gerbang awal untuk bergabung di GP Ansor. Senada dengan itu Sahabat Farhan Zayyid, S.E. M.M selaku ketua PC GP Ansor Kab. Sukabumi mengatakan dalam sambutan dan arahan dalam kegiatan tersebut, bahwa “PKD ini merupakan pintu awal untuk menjadi kader GP Ansor, setelah PKD ada Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan atau PKL dan dijenjang terakhir ada yang disebut PKN. Lebih jauh Ajengan Farhan sapaan akrabnya menuturkan “bergabung di Ansor harus diniatkan dengan serius jangan ada niat yang lain karena organisasi kita ini organisasi yang sakral. satu hal yang perlu dipahami bahwa bergerak di Ansor hanya ada tiga, yaitu ngaji, ngabdi atau khidmat dan ridho dari Kiyai dalam hal mengejar keberkahan dari guru-guru kita”, pungkasnya.

Adapun peserta yang mengikuti rangkaian kegiatan dari awal sampai pada pembai’atan dan penutupan berjumlah 71 orang dan dinyatakan sah menjadi kader GP Ansor Kab. Sukabumi. Prosesi bai’at dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB. Di lapangan yayasan Darussyifa dalam keadaan basah kuyub, dikarenakan bersamaan dengan hujan yang cukup deras siang tersbut namun tidak mengurung semangat dan khidmat peserta untuk melanjutkan kegiatan.

Editor: Akbar Taslim
Sukabumi, 4 Oktober 2020

comments