GP Ansor PAC Cileungsi gelar Ziarah Kubur ke Banten

Sejumlah pengurus Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Cileungsi menyambangi Kompleks Keraton Surosowan Banten Lama, di Serang, Banten, Minggu (6/10). Kegiatan ini merupakan program kerja yang sudah ditetapkan pada Sidang Pleno terdahulu oleh GP Ansor PAC Cileungsi.

Sebelum mengunjungi makam Sultan Maulana Hasanudin, rombongan terlebih dahulu mendatangi makam Syeikh Tubagus Ahmad dan Syeikh Tubagus Khuluk yang terletak di Tengkele, Kota Serang.

Selepas mengunjungi dua makam wali Allah tersebut, mereka bertolak untuk melakukan ziarah kubur sekaligus berdoa di makam Sultan Maulana Hasanuddin dan Sultan Ageng Tirtayasa.

“Kami mendoakan dan tabarukan kepada para waliyullah yg telah berjuang dan berdakwah di tanah Jawa khususnya Jawa Barat dan Banten” kata Ketua GP Ansor PAC Cileungsi, Angga Gunaefi di lokasi.

Rombongan yang juga dipimoin oleh Rois Syuriah MWC NU Cileungsi, KH. Ruslan Abdul Gani ini mengakhiri wisata ziarahnya di Makam Sultan Maulana Yusuf.

Asep Saefudin dari Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor Kecamatan Cileungsi memaparkan bahwa agenda ziarah kubur ini selain mengingatkan kita akan kematian juga ibadah, namun juga menjadi refleksi sejarah bahwa dahulu pernah ada kerajaan islam yang menguasai tanah Banten. Beliau menambahkan bahwa “Agenda inipun menjadi shilaturahmi bukan hanya kepada yang hidup, namun juga kepada yang telah wafat. Sebagaimana menurut hadits Rasul, barang siapa yang menziarahi Ulama, maka sama saja ia menziarahi aku. (Azizian)