GP Ansor Banser Ikut Serta Bersikan Lumpur Pasca Bencana Alam di Gunung Mas Cisarua

186

CISARUA – Pasca bencana alam luapan air sungai Cisampai di Kp. Gunung Mas Desa Tugu Selatan Cisarua Puncak Kabupaten Bogor, sejumlah relawan turut berjibaku membersihkan rumah warga yang terdampak luapan air yang disertai lumpur.

Salah satunya Barisan Ansor Serba Guna (Banser) dan GP Ansor Kecamatan Cisarua dan relawan lain berjibaku membersikan sisa puing dan lumpur di rumah-rumah warga hingga akses jalan desa tersebut.

“Kami membersikan akses jalan dan rumah warga yang tertutup lumpur karena terdampak luapan air yang berlumpur, “kata Muhammad Abdul Muis Astayuda ketua PAC Kecamatan Megamendung, Rabu 20/01/2021.

Muis mengatakan, kami membersihkan akses jalam karena kami tau itu jalur dari rentan longsor, jadi ketika ada hujan kita terhambat dan dihawatirkan adanya longsor susulan.

“Akses dua desa yang terdampak bencana alam itu adalah desa Tugu Selatan dan desa Tugu, rumah warga yang rusak ringan, namun 3 (tiga) rumah warga yang rusak berat serta 2 warung miliki warga juga turut rusak, “terangnya.

Menurut Muis, sebetulnya kalau di lihat dari lokasi daerah yang harusnya kena itu pemukiman padat masyarakat daerah tugu, karena jalur air terhalang oleh banyak bebatuan besar.

“Sehingga air mengarah ke sebelah kanan kalau dari arah puncak, dan ber imbas ke wilayah hotel evergin dan lain lain, “terangnya.

Lanjut Muis menambahkan, Ansor Banser bergerak dengan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), bersama pengurus KNPI kecamatan Cisarua.

“Banyak bantuan berupa sembako dan vitamin dari para relawan yang memberikan bantuan tersebut, kami ikut membantu menyalurkan kepada warga korban musibah alam, “pungkasnya. (yana)

comments