FKK SMK Swasta Adakan Sosialisasi Persiapan Kurikulum Merdeka Belajar

106

Bertempat di Aula SMK Muhammadiyah Kandanghaur Forum Komunikasi Kepala Sekolah Swasta Kab. Indramayu melaksanakan kegian sosialisasi persiapan kurikulum merdeka belajar, senin 28 Maret 2022. Kegiatan dihadiri oleh pengawas pembina, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikululm SMK Swasta se-Kabupaten Indramayu.

Acara dibuka oleh koordinator Ketua Musyawarah Kerja Pengawas SMK Kabupaten Indramayu dari KCD IX Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat H. Tatang, M.Pd.

“Alhamdulillah pagi ini kita bisa melaksanakan kegiatan sosialisasi kurikulum merdeka belajar dalam rangka ikhtiyar meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten Indramayu. Terimakasih kepada para pengurus, pengawas sekolah dan para kepala SMK Swasta se-Kabupaten Indramayu yang telah mensukseskan acara kegiatan sosialisasi ini”, sambut H. Priyanto, S.Hut., M.Pd Ketua Forum Komunikasi Kepala SMK Swasta Kabupaten Indramayu yang juga Kepala SMK Hasanudin Kandanghaur.

Kurikulum merdeka belajar adalah suatu kurikulum pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat, siswa dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sesuai dengan bakat dan minatnya. Kurikulum merdeka adalah pemulihan dari ketertinggalan pembelajaran atau recovery dari learning loss akibat pandemi Covid-19.

Merdeka belajar merupakan program yang mengupayakan proses belajar siswa secara merdeka atau bebas sesuai dengan minat dan karakter mereka, guru kini tidak lagi berperan untuk menjalankan kurikulum saja namun menjadi penghubung antara kurikulum dan minat siswa

Tujuan dari merdeka belajar, yakni menciptakan pendidikan yang menyenangkan bagi siswa dan guru karena selama ini pendidikan di Indonesia lebih menekankan pada aspek pengetahuan dari pada aspek keterampilan. Merdeka belajar juga menekankan pada aspek pengembangan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia

Materi sosialisasi yang disampaikan Pendidikan yang Memerdekakan, Kebijakan Kurikulum dan Tata Cara Pendaftaran, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.