Ciptakan Platform dengan Ratusan Ribu Followers untuk Membangun Masyarakat Melek Teknologi

49

Kuliah daring atau biasa kita sebut dengan study from home telah dilaksanakan oleh ribuan mahasiswa di Indonesia, hal tersebut terjadi juga dialami oleh mahasiswa Unpad. Meski harus di rumah aja, bukan menjadi penghalang untuk terus berinovasi dan memberikan dampak kepada masyarakat. Begitu pula yang dilakukan komunitas yang berdiri sejak tahun 2016, @anakteknikindo yang merupakan inisiasi dari Arkastra Bhrevijana untuk membuat memotivasi mahasiswa dan calon mahasiswa  jurusan Teknik, melakukan pengabdian kepada masyarakat agar masyarakat memiliki pengetahuan tentang robotik dan teknologi

Sebagai upaya memotivasi mahasiswa untuk memahami tips dan trik membangun komunitas melalui media sosial, maka Tim knowlej.id dan masukunpad bekerja sama dengan sinergi foundation, MRI Jatinangor, PMII Sumedang, dan Despro Nanggerang Beastudi Etos Sumedang membuat webinar dengan tema Ciptakan Ratusan Ribu followers dan Komunitas yang Kuat melalui Media Sosial.

Webinar tersebut dilakukan pada hari Jumat, 1 Mei 2020 melalui aplikasi zoom dan live streaming YouTube Knowlej.id pada pukul 16.00-17.10 dengan dipandu oleh Rohman Hikmat (Ketua BEM Kema F.Kep Unpad 2020). Peserta dalam webinar tersebut berjumlah 211 peserta yang sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti webinar sebanyak 33 kali. Mas Arka menyampaikan materinya melalui video dan salindia yang keren dan ciamik.

Bermula dari tulisannya yang viral terkait keluh kesah menjadi anak Teknik, hal tersebut yang membuat Mas Arka memiliki semangat lebih untuk mendirikan komunitas anakteknikindo. Pada tahun 2016, didirikan OA line dan facebook untuk membagikan tulisan dan konten terkait Anak Teknik dengan tujuan agar memberikan gambaran dan motivasi bagaimana perkuliahan anak Teknik.

Pada tahun 2017, dibuatlah Instagram @anakteknikindo yang sekarang sudah mencapai 330 ribu followers. Melalui kegigihan dan konsistensi untuk mengunggah konten setiap harinya, Mas Arka berhasil membuat platform @anakteknikindo menjadi platform yang besar dan diminati oleh masyarakat. Mas Arka tidak pernah berniat menjadikan platform anakteknikindo sebagai ajang meningkatkan popularitas, tapi jauh lebih dari itu ada niat besar untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat. Oleh karena itu, ada juga kegiatan ke sekolah dasar dari komunitas anakteknik indo untuk memberikan pelatihan robotik secara gratis.

Mas Angga yakin bahwa untuk menciptakan komunitas yang kuat bukan hanya bicara tentang followers, jumlah likes, atau komentar dari warganet. Itu semua merupakan bonus, ada kepuasan hati karena mampu memberikan hal positif untuk masyarakat sekitar. Mas Angga sendiri tidak mungkin bergerak sendirian untuk mendirikan komunitas tersebut, diperlukan tim yang solid sehingga mampu membuat komunitas sebesar sekarang.

Komunitas anakteknikindo memiliki tim yang terdiri dari tim konten, tim naskah, tim desain, dan tim-tim lainnya yang menunjang berdiri kokohnya komunitas ini. Upaya menjaga tim pun perlu dilakukan, biasanya dilakukan gathering untuk meningkatkan motivasi seluruh tim. Selain itu, prinsip keterbukaan dan kekeluargaan juga menjadi hal utama yang dijungjung tinggi oleh komunitas anakteknikindo khususnya Mas Arka sebagai founder.

Mas Arka berpesan kepada seluruh peserta webinar berkolaborasi, karena sendiri memang lebih cepat tapi Bersama akan lebih besar. Maka dari itu, hidup bukan tentang diri sendiri saja, tapi tentang memberikan kehidupan dan meluaskan kebermanfaatan untuk masyarakat sekitar.