Cetak Kader Militan, PAC GP Ansor Cimanggung Gelar PKD Ke-1

124

Cetak Kader Militan, PAC GP Ansor Cimanggung Gelar PKD Ke-1

Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Cimanggung siapkan generasi NU melalui Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) di SMP Islam Sunan Ampel Desa Pasirnanjung Kecamatan Cimanggung, Sabtu-Minggu (28-29/12).

Kegiatan PKD yang bertema “Menegakan Militansi Pemuda Dalam Mengawal NKRI”, itu diikuti 47 peserta yang berasal dari berbagai pengurus anak cabang di 26 kecamatan se-Kabupaten Sumedang. Kata H. Ceceng Kurnia selaku Ketua PAC GP Ansor Cimanggung.

PKD dibuka secara resmi oleh Ketua MWC NU Kecamatan Cimanggung K. Jajat Sudrajat, Turut hadir dalam acara tersebut, Pimpinan Cabang GP Ansor Sumedang, Wakapolsek Cimanggung, Camat Cimanggung, Ketua PAC Pemuda Pancasila Cimanggung, Ketua Manggala Garuda Putih Cimanggung, serta Ketua MUI Desa Pasirnanjung.

Menurut Ketua PC GP Ansor Sumedang Acep Komaruddin Hidayat, PKD bertujuan untuk menciptakan kader penggerak GP Ansor tingkat anak cabang dan ranting yang memiliki kapasitas dan kemampuan yang andal. Selain itu untuk mencetak kader yang siap mengawal serta menjadi garda terdepan dalam menjaga NKRI.

Peserta PKD selama pelatihan diberikan sejumlah materi penting untuk meraih kompetensi. Hal itu bertujuan antara lain agar memiliki wawasan keilmuan yang luas dan bobot pengetahuan yang lebih memadai tentang ke-Aswaja-an, ke-NU-an, ke-Indonesia-an dan kebangsaan, ke-Ansor-an, kepemimpinan dan keorganisasian.

Selain itu, untuk memiliki amaliyah dan tradisi keagamaan NU, manajemen keorganisasian serta analisis sosial. Dalam pelatihan, peserta digembleng Tim Instruktur PC GP Ansor Sumedang.

“Kedepan, pasca PKD ini, kader diharapkan tidak sekadar di-up grade pengetahuan, tetapi juga olah fisik, mental dan spiritual,” kata Acep.