Banser Cikarang Selatan Salurkan Bantuan Terdampak Banjir

165

CIKARANG – Memasuki tahun baru 2020 yang diwarnai hujan lebat seharian, membuat sejumlah komplek perumahan di Kabupaten Bekasi terendam banjir.

Tak terkecuali banjir menerpa kawasan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi tepatnya di Perumahan Bumi Cikarang Makmur, Taman Cikarang Indah dan Pondok Indah Gempol. Ketiga perum tersebut berada di Desa Sukadami. Sementara Perum Kota Damai Lestari berada di Desa Ciantra.

Akibat kondisi tersebut membuat sejumlah masyarakat terdampak banjir menjadi terhambat aktivitasnya. Bahkan tidak bisa bekerja karena kondisinya mulai memprihatinkan.

Melihat kondisi seperti itu, membuat masyarakat lain tergerak hatinya untuk berusaha meringankan beban terdampak banjir. Seperti yang dilakukan oleh sejumlah anggota Gerakan Pemuda Ansor di wilayah itu menggalang bantuan secara swadaya yang kemudian disalurkan kepada terdampak banjir.

Ketua Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Kecamatan Cikarang Selatan, Purwo Aji mengatakan, selama beberapa hari terakhir melakukan proses penggalangan bantuan untuk korban banjir yang dibantu oleh masyarakat dan saat ini membuka posko korban banjir.

“Kita secara swadaya menggerakkan masyarakat untuk sama-sama peduli kepada terdampak banjir. Mudah-mudahan bisa meringankan beban mereka,” ujar Purwo Aji kepada Ansor Jabar Online, Rabu (1/1/2020).

Dikatakan, pihaknya tetap akan membuka posko tersebut hingga tiga hari kedepan dengan terus dikawal oleh puluhan Anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Kecamatan Cikarang Selatan.

“Anggota kami sudah stanby sejak hari kemarin. Terutama di perum Kota Damai Lestari yang berada di Desa Ciantra yang paling parah karena banjirnya hingga 2 meter,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sejumlah bantuan sudah tersalurkan mulai makanan siap saji, pakaian layak pakai hingga obat-obatan kepada masyarakat terdampak banjir.

“Yang jelas kami akan selalu siap jika suatu saat dibutuhkan hingga kepada hal-hal yang sifatnya mendesak. Anggota kami akan siap melayani masyarakat disini,” pungkasnya. (Ade Mahmudin)